Kesejahteraan rakyat merupakan salah satu tujuan Negara. Kesejahteraan adalah kondisi yang menggambarkan terpenuhinya kebutuhan pangan, mendapatkan pendidikan dasar yang memadai, bebas dari buta huruf, serta selalu dalam keadaan sehat.
Sedangkan rakyat adalah seluruh orang yang berada pada suatu wilayah Negara dan taat pada kekuasaan pemerintahan tersebut.
Kesejahteraan rakyat berarti kondisi suatu Negara dimana rakyatnya terpenuhi kebutuhan pangannya, mendapatkan pendidikan dasar yang memadai, bebas dari buta huruf, dan selalu dalam keadaan sehat.
ni sesuai dengan point-point indikator kesejahteraan yang ada : 1) jumlah dan pemerataan pendapatan, 2) pendidikan yang semakin mudah untuk dijangkau, dan 3) kualitas kesehatan yang semakin meningkat dan merata.
Lalu bagaimana dengan Negara kita?. Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat data BPJS yang terakhir diperbaharui.
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Provinsi, 2015 – 2016
Provinsi | 2015 | 2016 | ||
Februari | Agustus | Februari | Agustus | |
Aceh | 7.73 | 9.93 | 8.13 | 7.57 |
Sumatera Utara | 6.39 | 6.71 | 6.49 | 5.84 |
Sumatera Barat | 5.99 | 6.89 | 5.81 | 5.09 |
Riau | 6.72 | 7.83 | 5.94 | 7.43 |
Jambi | 2.73 | 4.34 | 4.66 | 4.00 |
Sumatera Selatan | 5.03 | 6.07 | 3.94 | 4.31 |
Bengkulu | 3.21 | 4.91 | 3.84 | 3.30 |
Lampung | 3.44 | 5.14 | 4.54 | 4.62 |
Kepulauan Bangka Belitung | 3.35 | 6.29 | 6.17 | 2.60 |
Kepulauan Riau | 9.05 | 6.20 | 9.03 | 7.69 |
DKI Jakarta | 8.36 | 7.23 | 5.77 | 6.12 |
Jawa Barat | 8.40 | 8.72 | 8.57 | 8.89 |
Jawa Tengah | 5.31 | 4.99 | 4.20 | 4.63 |
DI Yogyakarta | 4.07 | 4.07 | 2.81 | 2.72 |
Jawa Timur | 4.31 | 4.47 | 4.14 | 4.21 |
Banten | 8.58 | 9.55 | 7.95 | 8.92 |
Bali | 1.37 | 1.99 | 2.12 | 1.89 |
Nusa Tenggara Barat | 4.98 | 5.69 | 3.66 | 3.94 |
Nusa Tengggara Timur | 3.12 | 3.83 | 3.59 | 3.25 |
Kalimantan Barat | 4.78 | 5.15 | 4.58 | 4.23 |
Kalimantan Tengah | 3.14 | 4.54 | 3.67 | 4.82 |
Kalimantan Selatan | 4.83 | 4.92 | 3.63 | 5.45 |
Kalimantan Timur | 7.17 | 7.50 | 8.86 | 7.95 |
Kalimantan Utara | 5.79 | 5.68 | 3.92 | 5.23 |
Sulawesi Utara | 8.69 | 9.03 | 7.82 | 6.18 |
Sulawesi Tengah | 2.99 | 4.10 | 3.46 | 3.29 |
Sulawesi Selatan | 5.81 | 5.95 | 5.11 | 4.80 |
Sulawesi Tenggara | 3.62 | 5.55 | 3.78 | 2.72 |
Gorontalo | 3.06 | 4.65 | 3.88 | 2.76 |
Sulawesi Barat | 1.81 | 3.35 | 2.72 | 3.33 |
Maluku | 6.72 | 9.93 | 6.98 | 7.05 |
Maluku Utara | 5.56 | 6.05 | 3.43 | 4.01 |
Papua Barat | 4.61 | 8.08 | 5.73 | 7.46 |
Papua | 3.72 | 3.99 | 2.97 | 3.35 |
Indonesia | 5.81 | 6.18 | 5.50 | 5.61 |
Jumlah Desa yang Memiliki Fasilitas Sekolah
Menurut Provinsi dan Tingkat Pendidikan
Provinsi | SD | SMP | SMU | SMK | Perguruan Tinggi | |||||
2011 | 2014 | 2011 | 2014 | 2011 | 2014 | 2011 | 2014 | 2011 | 2014 | |
Aceh | 3227 | 3358 | 1023 | 1176 | 497 | 582 | 127 | 165 | 120 | 118 |
Sumatera Utara | 4725 | 4957 | 1912 | 2091 | 923 | 974 | 504 | 608 | 181 | 177 |
Sumatera Barat | 987 | 1100 | 611 | 674 | 279 | 333 | 137 | 146 | 113 | 98 |
Riau | 1602 | 1779 | 957 | 1096 | 425 | 497 | 163 | 205 | 63 | 65 |
Jambi | 1326 | 1457 | 651 | 727 | 262 | 303 | 99 | 129 | 33 | 45 |
Sumatera Selatan | 2875 | 2938 | 1143 | 1222 | 532 | 565 | 150 | 188 | 84 | 81 |
Bengkulu | 1148 | 1180 | 403 | 445 | 134 | 156 | 66 | 77 | 24 | 29 |
Lampung | 2350 | 2499 | 1242 | 1331 | 517 | 569 | 232 | 293 | 60 | 71 |
Kep. Bangka Belitung | 356 | 375 | 169 | 181 | 68 | 69 | 37 | 39 | 14 | 16 |
Kep. Riau | 331 | 390 | 202 | 224 | 90 | 104 | 45 | 53 | 20 | 32 |
Dki Jakarta | 264 | 264 | 251 | 253 | 222 | 223 | 185 | 201 | 137 | 146 |
Jawa Barat | 5891 | 5949 | 3632 | 3969 | 1618 | 1823 | 1078 | 1467 | 351 | 411 |
Jawa Tengah | 8469 | 8461 | 3334 | 3469 | 1126 | 1195 | 883 | 1070 | 228 | 235 |
Di Yogyakarta | 437 | 438 | 305 | 309 | 136 | 134 | 128 | 135 | 56 | 59 |
Jawa Timur | 8442 | 8450 | 4259 | 4468 | 1873 | 2095 | 980 | 1181 | 353 | 381 |
Banten | 1526 | 1543 | 1111 | 1182 | 546 | 597 | 302 | 386 | 118 | 126 |
Bali | 709 | 709 | 302 | 309 | 139 | 139 | 104 | 112 | 42 | 44 |
Nusa Tenggara Barat | 1073 | 1130 | 773 | 854 | 422 | 485 | 164 | 203 | 65 | 73 |
Nusa Tenggara Timur | 2836 | 3129 | 1059 | 1391 | 289 | 428 | 147 | 217 | 55 | 58 |
Kalimantan Barat | 1895 | 2028 | 864 | 1000 | 283 | 324 | 108 | 126 | 47 | 50 |
Kalimantan Tengah | 1493 | 1540 | 602 | 721 | 190 | 225 | 78 | 104 | 15 | 21 |
Kalimantan Selatan | 1856 | 1869 | 693 | 745 | 251 | 277 | 69 | 91 | 52 | 47 |
Kalimantan Timur | 1204 | 970 | 577 | 498 | 246 | 223 | 117 | 143 | 49 | 46 |
Kalimantan Utara | - | 299 | - | 133 | - | 49 | - | 24 | - | 9 |
Sulawesi Utara | 1467 | 1537 | 635 | 670 | 212 | 218 | 121 | 147 | 58 | 62 |
Sulawesi Tengah | 1718 | 1882 | 751 | 860 | 235 | 276 | 103 | 138 | 31 | 36 |
Sulawesi Selatan | 2862 | 2929 | 1446 | 1655 | 623 | 699 | 238 | 280 | 164 | 148 |
Sulawesi Tenggara | 1740 | 1837 | 715 | 814 | 285 | 332 | 84 | 123 | 67 | 40 |
Gorontalo | 629 | 658 | 322 | 350 | 80 | 88 | 40 | 46 | 15 | 11 |
Sulawesi Barat | 612 | 627 | 294 | 348 | 97 | 121 | 58 | 93 | 20 | 23 |
Maluku | 901 | 1017 | 452 | 535 | 187 | 222 | 69 | 86 | 34 | 40 |
Maluku Utara | 985 | 1092 | 440 | 514 | 175 | 221 | 72 | 102 | 17 | 20 |
Papua Barat | 774 | 835 | 180 | 233 | 82 | 102 | 35 | 39 | 24 | 29 |
Papua | 1640 | 1979 | 408 | 518 | 142 | 176 | 79 | 95 | 41 | 54 |
Indonesia | 68350 | 71205 | 31718 | 34965 | 13186 | 14824 | 6802 | 8512 | 2751 | 2901 |
Jumlah Desa/Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan Menurut Provinsi (Desa)
Provinsi | Rumah Sakit | Rumah Sakit Bersalin | Poliklinik | Puskesmas | Puskesmas Pembantu | |||||
2011 | 2014 | 2011 | 2014 | 2011 | 2014 | 2011 | 2014 | 2011 | 2014 | |
Aceh | 53 | 64 | 60 | 50 | 155 | 210 | 322 | 353 | 863 | 981 |
Sumatera Utara | 171 | 178 | 258 | 192 | 735 | 872 | 535 | 585 | 1757 | 1858 |
Sumatera Barat | 45 | 48 | 111 | 63 | 85 | 98 | 250 | 274 | 623 | 691 |
Riau | 45 | 59 | 99 | 76 | 215 | 265 | 201 | 229 | 798 | 913 |
Jambi | 28 | 35 | 46 | 32 | 30 | 62 | 173 | 196 | 551 | 635 |
Sumatera Selatan | 48 | 59 | 79 | 57 | 109 | 134 | 296 | 350 | 797 | 911 |
Bengkulu | 16 | 18 | 11 | 8 | 25 | 30 | 180 | 177 | 403 | 444 |
Lampung | 37 | 46 | 159 | 100 | 265 | 312 | 273 | 320 | 757 | 833 |
Kep. Bangka Belitung | 13 | 16 | 21 | 60 | 24 | 33 | 58 | 62 | 154 | 163 |
Kep. Riau | 22 | 25 | 36 | 21 | 38 | 64 | 68 | 77 | 187 | 224 |
Dki Jakarta | 97 | 99 | 159 | 140 | 233 | 236 | 246 | 249 | - | - |
Jawa Barat | 205 | 244 | 548 | 341 | 1355 | 1499 | 1029 | 1074 | 1523 | 1835 |
Jawa Tengah | 231 | 247 | 786 | 428 | 820 | 1035 | 866 | 881 | 1805 | 1823 |
Di Yogyakarta | 47 | 55 | 84 | 59 | 140 | 146 | 120 | 121 | 304 | 306 |
Jawa Timur | 243 | 274 | 556 | 307 | 720 | 873 | 951 | 987 | 2211 | 2327 |
Banten | 52 | 60 | 155 | 111 | 388 | 445 | 218 | 233 | 246 | 279 |
Bali | 35 | 39 | 49 | 26 | 50 | 57 | 115 | 119 | 441 | 487 |
Nusa Tenggara Barat | 17 | 22 | 13 | 11 | 32 | 55 | 151 | 165 | 509 | 532 |
Nusa Tenggara Timur | 36 | 40 | 21 | 16 | 96 | 99 | 333 | 377 | 893 | 980 |
Kalimantan Barat | 27 | 35 | 33 | 18 | 51 | 81 | 233 | 258 | 691 | 806 |
Kalimantan Tengah | 17 | 17 | 14 | 7 | 38 | 74 | 178 | 200 | 864 | 993 |
Kalimantan Selatan | 26 | 27 | 16 | 12 | 81 | 94 | 223 | 234 | 507 | 505 |
Kalimantan Timur | 39 | 31 | 37 | 31 | 90 | 113 | 212 | 193 | 688 | 684 |
Kalimantan Utara | - | 7 | - | 2 | - | 13 | - | 50 | - | 176 |
Sulawesi Utara | 32 | 35 | 34 | 27 | 37 | 53 | 172 | 212 | 429 | 508 |
Sulawesi Tengah | 20 | 20 | 14 | 10 | 24 | 34 | 171 | 182 | 631 | 676 |
Sulawesi Selatan | 60 | 63 | 76 | 70 | 109 | 134 | 419 | 447 | 1207 | 1324 |
Sulawesi Tenggara | 24 | 22 | 17 | 11 | 16 | 25 | 242 | 266 | 393 | 474 |
Gorontalo | 10 | 12 | 4 | 1 | 8 | 9 | 83 | 96 | 187 | 224 |
Sulawesi Barat | 8 | 8 | 1 | 1 | 2 | 12 | 83 | 93 | 200 | 239 |
Maluku | 20 | 27 | 5 | 6 | 16 | 31 | 160 | 188 | 337 | 438 |
Maluku Utara | 16 | 17 | 3 | 1 | 9 | 14 | 112 | 130 | 190 | 263 |
Papua Barat | 13 | 14 | 6 | 2 | 29 | 30 | 124 | 144 | 298 | 434 |
Papua | 30 | 43 | 12 | 10 | 74 | 154 | 273 | 386 | 606 | 983 |
Indonesia | 1783 | 2006 | 3523 | 2307 | 6099 | 7396 | 9070 | 9908 | 22050 | 24949 |
Dari ketiga tabel di atas dapat diambil kesimpulan secara umum, Negara kita belum mencapai derajat sejahtera. Namun kabar baiknya, dari tahun ke tahun terjadi perubahan kearah yang lebih baik.
Hal ini tentu menjadi permasalahan yang harus diselesaikan oleh pemerintah melalui program-program peningkatan kesejahteraan rakyat. Program-program ini tentunya dalam pelaksanaannya membutuhkan dana, disinilah akan terlihat peranan APBN.
Pengertian APBN menurut Pasal 23 UUD 1945 Ayat 1 “ Anggaran pendapatan dan belanja negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”
Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara” Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, selanjutnya disebut APBN, adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat”
Dari kedua pengertian ini dapat kita ambil kesimpulan APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Untuk menambah pemahaman Anda tentang APBN, Anda bisa menyimak elearning APBN di bawah ini
Apabila Anda perhatikan point-point indikator kesejahteraan ini : 1) jumlah dan pemerataan pendapatan, 2) pendidikan yang semakin mudah untuk dijangkau, dan 3) kualitas kesehatan yang semakin meningkat dan merata.
Maka Anda akan melihat titik fokusnya adalah Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu pada APBN 2017 dalam pembangunan Sumber Daya Manusia, menetapkan anggaran kesehatan sebesar 5% (104 triliun rupiah) dan untuk anggaran pendidikan sebesar 20% (406,1 triliun rupiah) dari belanja Negara.
Informasi mengenai APBN 2017 secara lengkap bisa Anda peroleh di website Kementerian Keuangan Republik Indonesia
Jadi peranan APBN dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat adalah dengan menetapkan jumlah anggaran untuk membiayai program-program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Peranan APBN ini merupakan implementasi dari fungsi-fungsi APBN itu sendiri. Fungsi APBN menurut UU No 17 Tahun 2003 Pasal 3 Ayat 4 antara lain : fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi.
1. Fungsi otorisasi : anggaran negara menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan.
2. Fungsi perencanaan : anggaran negara menjadi pedoman bagi manajemen dalam merencanakan kegiatan dalam tahun yang bersangkutan.
3. Fungsi pengawasan : anggaran negara menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan ketentuanyang telah ditetapkan.
4. Fungsi alokasi : anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosansumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas perekonomian.
5. Fungsi distribusi : kebijakan anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
6. Fungsi stabilisasi : anggaran pemerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian.
Dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat tidak dapat dilakukan secara menyeluruh dalam waktu singkat, perlu tahapan. Tahapan dilakukan melalui unit terkecil dahulu yaitu desa.
Program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan salah satunya adalah PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri.
Adapun kegiatan yang dilakukan oleh PNPM Mandiri Pedesaan dalam meningkatkan kesejahteraan desa adalah :
1. Membangun sarana prasarana pendukung bagi desa-desa yang membutuhkan yang diperuntukkan untuk menciptakan lapangan kerja didesa, terutama bagi rumah tangga miskin.
2. Dalam bidang pendidikan menitikberatkan pada pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan kapasitas rumah tanggga miskin pedesaan melalui pelatihan bagi pemuda putus sekolah, ibu-ibu rumah tangga untuk menciptakan daya saing dan lapangan pekerjaan.
3. Dalam layanan kesehatan diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan rumah tangga miskin dengan meningkatkan derajat kesehatan rumah tangga miskin, melalui peningkatan peran serta masyarakat dan mendekatkan bidang pelayan kesehatan dasar yang murah, mudah dan terjangkau, serta dapat dikelola mandiri oleh masyarakat. Contohnya adalah pembangunan Polindes (Poli Klinik Desa) dan Posyandu (Pos Pelayanan Tepadu).
Tujuan program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat akan tercapai apabila terdapat kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Sebagai masyarakat marilah kita berpartisipasi dengan cara :
1. Membentuk forum yang memungkinkan masyarakat berpartisipasi langsung dalam proses pengambilan keputusan terhadap program pembangunan di wilayah setempat.
2. Memberikan sumbangan dalam bentuk tenaga, uang, atau bentuk pengorbanan lainnya ketika diperlukan.
3. Memantau dan mengevaluasi program dan kegiatan pembangunan untuk mengetahui apakah tujuan yang dicapai sudah sesuai dengan harapan.
4. Memanfaatkan dan menjaga hasil pembangunan dengan sebaik-baiknya.
Referensi :
http://www.kompasiana.com/daunpagi/menjadi-sejahtera-tapi-apa-maknanya-itu_54ff35e5a33311004a50f93e
http://www.temukanpengertian.com/2013/08/pengertian-rakyat.html
http://farisyunianto.blogspot.co.id/2012/05/indikator-kesejahteraan.html
https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/28#subjekViewTab3|accordion-daftar-subjek1
https://sirusa.bps.go.id/index.php?r=indikator/view&id=44
https://ahmadsamantho.wordpress.com/2012/10/22/undang-undang-dasar-1945-setelah-amandemen-i-s-d-iv-dalam-satu-naskah/
http://www.kemenkeu.go.id/apbn2017
http://www.djpk.depkeu.go.id/attach/post-uu-no-17-tahun-2003-tentang-keuangan-negara/UU-63-61-uu17_2003.htm
http://yasko-bantaeng.or.id/berita-upaya-meningkatkan-kesejahteraan-masyarakat-dengan-program-pnpm-mandiri-di-daerah-pedesaan.html
http://diklat2.jatengprov.go.id/partisipasi-masyarakat-dalam-pembangunan-ir-enny-karnawati-msi
Foto : http://povertyinindonesia.blogspot.co.id/
Foto : http://povertyinindonesia.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar