Minggu, 24 Februari 2019

Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2018, persentase pengangguran lulusan universitas (sarjana) 6,31 persen. Persentase ini mengalami kenaikan 1,13 persen dari tahun sebelumnya (Februari 2017) yang hanya 5,18 persen. Dengan adanya data ini memberikan peringatan kepada pelajar yang sekarang duduk dikelas XII, agar nantinya selektif dalam memilih universitas.

Sebelum mendaftar di universitas, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang  universitas tersebut agar nantinya setelah lulus tidak menimbulkan penyesalan. Bukannya menjadikan masa depan semakin baik, malah menjadi pengangguran. Oleh karena itu pembahasan kali ini mengenai salah satu universitas yang terletak di Jawa Tengah, yaitu Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mudah-mudahan pembahasan ini bermanfaat bagi pelajar dalam menemukan universitas yang bisa menjamin masa depannya menjadi lebih baik.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki 2 kampus. Kampus I terletak di Jl. Raya Dukuhwaluh, dan Kampus II terletak di Jl. Letjen. Soepardjo Roestam Km. 7. Kampus ini memiliki 11 Fakultas dan juga Pascasarjana. Kesebelas fakultas tersebut adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Kedokteran.  Bahkan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ini tercatat sebagai perguruan tinggi swasta  terbesar di Jawa Tengah bagian barat.
Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Kantor Pusat UMP - Sumber : wikipedia

Pada tanggal 23 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  menggelar  upacara wisuda, 589 mahasiswa yang diwisuda pada hari itu. Dengan demikian universitas ini sudah memiliki alumni sebanyak 33.201, dengan rincian Magister 264, Sarjana  24.524, Diploma III 2.959,  Diploma II 1.553,  Akta Mengajar 1.332, Profesi Apoteker 1.729 dan Profesi Ners 840.

Banyaknya lulusan universitas ini tentunya menyisakan tanya dalam benak kita “Apa yang membuat begitu banyak orang memilih kuliah di universitas ini?”. Ternyata ada 10 alasan yang membuat orang bangga dan menyenangkan kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), diantaranya :
Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

1.   Mempunyai Akreditasi B
Akreditasi ini sangat penting diperhatikan bagi mahasiswa, karena sekarang ini untuk melamar PNS (Pegawai Negeri Sipil) mensyaratkan ijazah dari perguruan tinggi yang minimal berakreditasi B. Bahkan perusahaan swasta pun sudah menetapkan persyaratan yang sama. Dengan akreditasi B, maka lulusan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tidak perlu khawatir lagi ketika melamar kerja atau melamar PNS.

2.   Mempunyai Peringkat Yang Bagus
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menempati peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan Peringkat ke 6 di Indonesia. Hal ini menjadi indikator bahwa kualitas universitas ini memang sudah diakui.

3.   Mempunyai Perpustakaan Yang Lengkap
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berada di Kampus I Jl. Raya Dukuhwaluh Purwokerto Jawa Tengah. Bangunan perpustakaan tersebut berlantai 2 dengan luas 908 m2. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ini menyandang akreditasi A, yang artinya kelengkapan koleksi bukunya sudah tidak diragukan lagi.
Kelengkapan perpustakaan sangat diperlukan mengingat manfaat perusahaan bagi mahasiswa sangat penting. Ada 3 manfaat perpustakaan bagi mahasiswa, diantaranya :
a.   Perpustakaan sebagai tempat menambah wawasan
b.   Perpustakaan sebagai tempat mengisi waktu luang
c.   Perpustakaan sebagai tempat mencari referensi tugas
Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Salah Satu View Perpustakaan UMP - Sumber : bhaskaraonline

4.   Mempunyai Tenaga Pengajar Yang Berkualifikasi S2 Dan S3
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosenmemberi syarat untuk menjadi dosen harus berpendidikan S2 atau S3. Berdasarkan UU ini maka Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mencari orang yang lulusan S2 dan S3 untuk dijadikan dosen. Selain karena memenuhi syarat UU, lulusan S2 dan S3 juga dinilai lebih banyak pengetahuannya sehingga layak ketika mengajar para calon sarjana. Dari 386 dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), saat ini terdapat 5 orang staf pengajar yang sudah bergelar profesor, 46 orang berkualifikasi doktor/PhD, dan 311 orang berkualifikasi magister.


5.   Mempunyai Pusat Teknologi Informasi
Keberadaan Pusat Teknologi Informasi sangat dibutuhkan mahasiswa, karena memberikan manfaat yang banyak bagi mahasiswa, antara lain :
a.   Memudahkan penyelesaian urusan yang berkaitan dengan KRS, baik itu pengisian ataupun perbaikannya
b.   Memudahkan penyelesaian urusan yang berkaitan dengan registrasi dan pembayaran.
c.   Memudahkan memperoleh informasi yang berkaitan dengan IP, jadwal mata kuliah, nilai (UTS, UAS, tugas, remedial) dan informasi-informasi terupdate dari fakultas.

6.   Mempunyai Jaringan Internet 24 Jam
Internet mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan. Keberadaan internet melengkapi referensi yang tidak ada atau sulit ditemukan di perpustakaan. Dengan adanya jaringan internet 24 jam, bisa dimanfaatkan mahasiswa lebih banyak waktu untuk menemukan referensi sesuai keinginan, tanpa harus khawatir kehabisan kuota.

7.   Mempunyai Pusat Bahasa Berstandar Internasional
Kemampuan berbahasa asing salah satu kompetensi penting dalam peningkatan sumber daya manusia. Maka keberadaan Pusat Bahasa Berstandar Internasional menunjang kemampuan bahasa asing mahasiswa. Di Pusat Bahasa Berstandar Internasional inilah mahasiswa menerima pembelajaran bahasa asing, melakukan pelatihan bahasa asing, dan mendapatkan pelayanan pengujian dan penerjemahan bahasa Asing.

8.   Mempunyai Laboratorium Pusat Unggulan Penelitian Modern.
Mahasiswa memerlukan praktikum dalam kegiatan belajar, agar menemukan kebenaran yang sesungguhnya. Dengan adanya laboratorium maka mahasiswa mempunyai sarana dan prasarana dalam kegiatan praktikum. Setelah melakukan praktikum maka pemahaman mahasiswa semakin meningkat.
Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Mahasiswa sedang melakukan penelitian di laboratorium UMP - Sumber : ump.ac.id

9.   Mempunyai Dedikasi Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
UMP secara aktif mengembangkan kerja sama Internasional  dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

10.       Membekali Lulusannya Dengan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter
Untuk memberikan wawasan dan mendidik karakter dan sikap mental yang lebih baik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  diberikan pendidikan dan pelatihan pembentukan karakter. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan, antara lain program pelatihan pembentukan karakter 'BEST '(Becoming Exelent Student Training), 'SMART' (Softskills Management and Resolution Training), juga 'SUCCES' (Spiritual Up and Career Competencies Empowering by Softskills


Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki target untuk menjadi universitas yang mendunia. Untuk mewujudkannya Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan serangkaian langkah nyata dengan mengusung tagline UMP Makin Mendunia dan Start Here Go Anywhere.

Pada tagline UMP Makin Mendunia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan kerjasama dengan berbagai negara di dunia, diantaranya :
Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Tahun 2017
1.   Pada tanggal 10 s/d 20 September 2017 Universitas Muhammadiyah Purwokerto terpilih sebagai salah satu perwakilan kampus unggulan se-Indonesia bersama pimpinan dari 28 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se – Indonesia melakukan kunjungan kenegaraan dalam rangka kunjungan PTM Leader Visit to Europe. Pada kesempatan tersebut,  Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Dr Jebul Suroso, didampingi Direktur Kantor Urusan Internasional, Santhy Hawanti, PhD, menandatangani nota kerjasama dengan Coventry University, Inggris dan De Monfort University, Leicester, Inggris. 

2.   Pada tanggal 8-9 Oktober 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan The 4th AECON Asia Pasific Education Conference di Aula AK Anshori. Konferensi ini dilakukan untuk mengeratkan Kerja sama Pendidikan di Asia-Pasifik.

3.   Pada tanggal 9 Desember 2017 Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Anjar Nugroho M.SI., M.HI., melakukan rangkaian kerjasama (MoU) dengan puluhan Universitas ternama di Taiwan. Rencana kerjasama puluhan Universitas Taiwan yakni, University of Taipei, National Taichung University of Education, Chungyu University of Film and Arts, Chia Nan University of Pharmacy & Science, National Formosa Unvieresity, FoGuang University, Chaoyang University of Technology, University of Science and Technology, Yuanpei University of Medical Technology, Chang Jung Christian University, National Yunlin University of Science and Technology, National Kaohsiung University of Applied Sciences, Hsing Wu University, National Dong Hwa University, National Quemoy University, JinWen University of Science & Technology, National Penghu University of Science and Technology, Feng Chia University, Overseas Chinese Univeresity.

Tahun 2018
1.   Pada tanggal 10 Januari 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuka empat program studi baru, yaitu Program Studi Magister Manajemen (MM), Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Studi Magister Pendidikan Dasar dan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Keempat prodi ini nantinya diharapkan mampu untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara profesional dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan tuntutan zaman

2.   Pada tanggal 14 Februari 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan kunjungan ke Melbourne Australia. Di sana UMP menjalin kerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Australia

Tahun 2019
1.   Pada tanggal 5 Januari 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Sultan Sharif Ali (Unissa) Brunei Darussalam

2.   Pada tanggal 22 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerjasama denganLibyan University of Science and Technology (ULST)


Pada tagline Start Here GoAnywhere, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan mahasiswanya ke negara lain, diantaranya :
Meraih Masa Depan Yang Gemilang Bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Tahun 2017
Pada tanggal 16 Februari 2017  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan 15 mahasiswa pilihan dari Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan (FKIP)  untuk melakukan Praktek Pengajaran Lapangan (PPL) di Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Tahun 2019
1.   Pada tanggal 16 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan 11 mahasiswa S2 progam studi manajemen ke Malaysia untuk mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

2.   Pada tanggal 22 Januari 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan 10 mahasiswa pilihan dari Fakultas Psikologi untuk melakukan Study Visit di University Technology Malaysia 

3.   Pada tanggal 22 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan staffnya Hanifah Al Shofianthi SS dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Rizka Mutiarasari dalam rangka study banding aktivitas winter camp di Tianjin Polytechnic University (TJPU) China


Dari pembahasan di atas, kini kita sudah mengerti mengapa begitu banyak orang menjadikan UMP Pilihanku dalam menempuh pendidikannya sebagai bekal dimasa yang akan datang. Jika kamu yang sekarang duduk dikelas XII, dan ingin menjadi bagian dari UMP Pilihanku jangan lupa setelah lulus nanti untuk mendaftar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Untuk mengenal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) secara visual bagi yang tempat tinggalnya jauh bisa dengan melihat video berikut ini.


Referensi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar