Jumat, 22 Februari 2019

Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

Nampak murung wajah ibu pertiwi, melihat anak-anak negeri ribuan orang mengantri mencari kerja kesana kemari. Apa hendak dikata jauh panggangan dari api, ungkapan yang menggambarkan ketidak sesuaian antara harapan dan kenyataan ini, tidak berlebihan rasanya ketika melihat potret wajah pendidikan Indonesia khususnya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sarjana.

SMK adalah sekolah yang digadang-gadang sebagai sekolah yang mampu membuat lulusannya siap bekerja, kini tinggal harapan yang tersimpan rapat dalam relung hati para siswanya. Kenyataan begitu kejam merampas impian anak-anak sekolah itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2018, 7 juta pengangguran terbuka 11,24 persennya lulusan SMK. Persentase ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan lulusan sekolah lainnya SMA 7,95 persen, SMP 4,8 persen, dan SD 2,43 persen.
Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

Setali tiga uang dengan nasib lulusan sarjana, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2018, persentase pengangguran lulusan universitas (sarjana) 6,31 persen. Persentase ini mengalami kenaikan 1,13 persen dari tahun sebelumnya (Februari 2017) yang hanya 5,18 persen. Dulu orang tua memotivasi anaknya agar sekolah tinggi-tinggi agar menjadi orang sukses, dengan kenyataan yang ada sekarang ini orang tua bingung bagaimana lagi memotivasi anaknya. Kenyataan yang ada berkata “pendidikan tinggi tidak menjamin sukses Anda”
Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

Dari permasalahan ini tentunya akan menimbulkan pertanyaan dibenak kita “apa yang menyebabkan masih tingginya angka pengangguran untuk lulusan SMK dan sarjana?”. Dari berbagai permasalahan yang ada, bila dikerucutkan akan menjadi suatu kesimpulan tingginya angka pengangguran disebabkan lusan SMK dan sarjana tersebut tidak mampu memenuhi skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

5 Skill Yang Dibutuhkan Perusahaan
Perusahaan berkembang mengikuti perkembangan zaman, oleh karena itu jika ingin mendapatkan pekerjaan harus juga mengupgrade skill sesuai dengan perkembangan zaman. Zaman sekarang perusahaan menggunakan serba komputer, maka dari itu perusahaan membutuhkan orang-orang yang mempunyai skill komputer. Adapun skill komputer yang dibutuhkan perusahaan adalah :
Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

1.   Mengetik
Kegiatan perusahaan tidak terlepas dengan kegiatan surat menyurat dan membuat proposal, oleh karena itu skill mengetik merupakan satu keharusan yang dimiliki oleh pencari kerja. Namun sayangnya banyak orang menyepelekan hal ini, mereka menganggap mengetik itu mudah. Sehingga ketika dihadapkan pada lingkungan kerja mereka kewalahan, karena skill mengetik yang dibutuhkan perusahaan tidak hanya sekedar bisa tapi juga harus cepat dan bukan hanya mengetik bahasa Indonesia melainkan juga bahasa Inggris. Maka dari itu sedikit banyak harus juga belajar bahasa Inggris.

2.   Spreadsheets dan Database
Skill spreadsheets dan database dibutuhkan perusahaan dalam mengolah data mulai dari menerapkan rumus matematika yang kompleks sampai dengan mengatur dan menyimpan data, maka dari itu seorang pencari kerja harus mempunyai skill ini. Skill ini biasanya sudah satu paket dengan skill mengetik yaitu penguasaan Microsoft Office. Maka dari itu tingkatkan skill penguasaan Microsoft Office agar mempunyai nilai tawar dimata perusahaan

3.   Media Sosial, Email dan Blogging
Skill media sosial juga dibutuhkan perusahaan saat ini, tapi jangan salah kaprah dulu, skill yang dimaksud disini bukan skill update status alay, melainkan skill internet marketing dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang sering dijadikan media internet marketing adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp. Pada skill ini perusahaan mencari orang yang mampu membuat konten internet marketing menggunakan media sosial.

Salah satu komunikasi yang sering digunakan perusahaan adalah email. Biasanya email digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan lain yang menjadi rekan kerjanya. Skill email yang dibutuhkan adalah mengirimkan email dalam jumlah banyak sekaligus, memperkecil ukuran file yang akan dikirimkan, memperkecil ukuran gambar yang akan dilampirkan, dan lain sebagainya.

Pada zaman sekarang ini hampir semua perusahaan menggunakan website. Penggunaan website ini populer dengan istilah blogging. Website perusahaan merupakan identitas perusahaan, maka dari itu dibutuhkan orang yang mampu mengelola website dengan baik. Karena melalui website inilah perusahaan mengenalkan diri kepada publik, mencari relasi, dan mempengaruhi konsumennya. Kegiatan blogging erat kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimation),  desain website, dan coding.

4.   Desain Grafis
Skill desain grafis dibutuhkan perusahaan untuk memvisualisasikan ide-ide cemerlang, salah satunya dalam kegiatan presentasi. Presentasi sering dilakukan dalam perusahaan, biasanya presentasi dibuat semenarik dan seefektif mungkin agar tujuan ingin yang disampaikan bisa dipahami oleh audiens. Untuk membuat presentasi yang menarik dan efektif dibutuhkan orang yang mempunyai skill desain grafis untuk membuat infografis yang menarik untuk dilihat dan mudah untuk dipahami. Tentu saja selain presentasi, desain grafis juga dibutuhkan perusahaan untuk kegiatan yang berkaitan dengan promosi dan publikasi lainnya.

5.   Software Development
Hadirnya smartphone membawa perubahan dalam mengakses informasi, sebelumnya orang mengakses internet dengan menggunakan PC atau laptop, namun sekarang orang lebih suka mengakses internet dengan smartphone karena simpel dan mudah. Perubahan ini tentunya membuat perusahaan yang memiliki website mau tidak mau harus menyediakan websitenya dalam versi mobile atau aplikasi. Untuk membuat aplikasi tersebut perusahaan membutuhkan orang yang memiliki kemampuan software development.

Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran
Tidak terpenuhinya skill komputer seperti yang disebutkan di atas dikarenakan dua hal. Pertama,  sekolah SMK dan Universitas tidak memiliki fasilitas komputer yang memadai. Kedua, sangat sedikit SMK dan Universitas memberikan materi komputer kepada anak didiknya. Latar belakang permasalahan inilah yang menjadikan pendidikan luar sekolah sangat dibutuhkan. Oleh karena itu ketika ada pertanyaan Pentingkah pendidikan luar sekolah?, maka jawabannya adalah sangat penting karena pendidikan luar sekolah melengkapi kekurangan yang ada pada pendidikan formal.

Pentingnya pendidikan luar sekolah dijelaskan juga dalam Undang Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu “jalur pendidikan yang diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat”.

Secara tersirat dari pembahasan di atas dapat dirumuskan kesimpulan bahwa pendidikan luar sekolah akan membekali seseorang skill yang dibutuhkan oleh perusahaan yang akan membantu orang tersebut keluar dari lingkaran pengangguran, atau dengan kata lain kalau tidak mau mengangggur tingkatkan skill melalui pendidikan luar sekolah.
Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

Salah satu pendidikan luar sekolah yang mampu mengupdate skill komputer agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan adalah kursus komputer Dumet School . Kursus komputer ini menyediakan paket kursus yang dibutuhkan perusahaan saat ini, antara lain web master, web programing, digital marketing, graphic design, motion graphic, dan android.  Ada 3 kelebihan yang membuat kamu kursus di Dumet School tidak akan menyesal.
Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mengurangi Pengangguran

1.   Tidak Akan Salah Jalan
Banyak orang yang setelah kursus malah merasa tidak punya keahlian apa-apa, dikarenakan selama mengikuti kursus dia tidak konsentrasi dengan materi yang diajarkan. Hal ini disebabkan paket kursus yang diambilnya tidak sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Kejadian ini tidak akan terjadi di Dumet School, karena di Dumet School peserta didiknya diberikan kesempatan untuk berkonsultasi agar peserta didik menemukan paket kursus yang cocok untuk dirinya.

2.   Dijamin Mahir
Salah satu tujuan ikut kursus adalah agar memiliki keterampilan, namun faktanya tidak semua lulusan lembaga kursus mempunyai rasa percaya diri dengan keterampilan yang dimilikinya, ia masih ragu apakah ia menguasai ilmunya atau tidak. Tapi beda cerita dengan kursus di Dumet School, anak didiknya diajari sampai mahir, ini dibuktikan dengan karya yang dihasilkan oleh anak didik tersebut. Jadi siapa saja yang lulus dari Dumet School akan memiliki rasa percaya diri tentang penguasaan ilmu yang ia pelajari. Kursus di Dumet School sudah dipastikan memiliki skill yang mumpuni, karena peserta didiknya diajari sampai bisa.

3.   Bisa Menjadi Wirausaha
Dengan berbekal ilmu dari kursus Dumet School maka kamu bisa menjadi wirausaha, misalnya dengan keahlian desain grafis kamu bisa menjual kaos dengan gambar rancangan kamu sendiri. Jadi ketika kamu tidak menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kamu, maka kamu bisa memulai karir sebagai wirausaha. Dengan berwirausaha kamu tidak hanya terbebas dari pengangguran, namun kamu juga punya andil mengurangi pengangguran dengan mempekerjakan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar