Kamis, 28 Februari 2019

Bebas Menikmati Gaya Hidup Tanpa Khawatir Kantong Bolong

2
review alacarte

Kemajuan teknologi membawa perubahan pada kehidupan manusia, yang semua perubahan itu mengarah pada satu titik yaitu kemudahan. Berbagai kemudahan saat ini bisa dirasakan oleh manusia berkat adanya kemajuan teknologi diantaranya mudah berkomunikasi, mudah bepergian, mudah bertransaksi, dan lain sebagainya.

Perubahan yang ada tersebut semakin lama semakin berkembang, awalnya manusia hanya berpikir bagaimana menciptakan aplikasi yang memudahkan hal-hal yang bersifat pokok dalam kehidupan manusia, tapi sekarang manusia sudah memikirkan bagaimana menciptakan aplikasi yang memudahkan hal-hal yang berkaitan dengan gaya hidup. Salah satu aplikasi yang memudahkan manusia dalam menikmati gaya hidup adalah Alacarte.

Gaya hidup identik dengan menghamburkan uang, namun dengan adanya aplikasi Alacarte kita bisa menikmati gaya hidup tanpa khawatir kantong bolong, karena dengan aplikasi Alacarte kita bisa mendapatkan berbagai penawaran yang mampu menghemat pengeluaran untuk gaya hidup.

A.  Apa Itu Alacarte
Alacarte adalah aplikasi membership (keanggotaan) gaya hidup. Aplikasi ini merupakan produk dari PT. Media Digital Alacarte, yang dipopulerkan dengan nama Club Alacarte. Alacarte merupakan buah pikir dari Ferdinand Sutanto (CEO), Low Meng Ee Kenneth (COO), dan Philip Chen (Direktur).
Review alacarte
Pendiri Alacarte Ferdinand Sutanto (CEO), Low Meng Ee Kenneth (COO), dan Philip Chen (Direktur), sumber foto : majalahkartini.co.id

Ide mendirikan Alacarte tercetus ketika mereka bertiga melihat data terdapat lebih dari 380 juta transaksi di restoran senilai US$1,5 miliar dalam setahun, untuk wilayah Jakarta saja. Adapun tujuan dari diciptakannya aplikasi ini untuk menjembatani kebutuhan dari pemilik restoran dan anggota alacarte dengan prinsip saling menguntungkan. Pemilik restoran mendapatkan pelanggan ketika memperkenalkan produk baru, sedangkan anggota Alacarte bisa menjelajahi dan mencoba restoran-restoran baru dengan harga hemat.

Aplikasi ini diluncurkan ke publik pada tanggal 7 Desember 2017, jadi aplikasi ini masih tergolong baru. Aplikasi Alacarte bisa didownload di Play Store  bagi pengguna Android, dan App Store bagi pengguna iOS.

B.  Fitur-Fitur Alacarte
Review alacarte
Setelah aplikasi Alacarte didownload dan diinstall, sekarang aplikasi tersebut sudah bisa digunakan. Untuk bisa menggunakan Alacarte harus log in terlebih dahulu. Karena kali pertama menggunakan Alacarte, maka harus melakukan pendaftaran. Setelah pendaftaran selesai barulah sekarang kita sign in. Setelah berhasil sign in, maka kita dihadapkan pada 2 fitur yaitu Dining dan Lifestyle & Retail.
Review alacarte

1.   Dining
Fitur Dining merupakan fitur yang berkaitan dengan tempat makan dan minum . Fitur ini mempunyai 4 kategori yaitu Home, Offers, Favorites, dan Shop.
a.   Home
Review alacarte

Kategori Home berisi tempat makan dan minum yang sedang tren. Ada 12 tempat makan dan minum yang ditampilkan pada saat saya membuka kategori ini. Saya mencoba membuka salah satunya, yaitu Bar Gina. Pada tampilannya ada lambang instagram, lambang huruf R, lambang telepon, lambang peta lokasi, dan lambang mirip buku. Lalu saya mencoba mengklik satu persatu lambang tersebut.

Ketika saya mengklik lambang instagram, muncul halaman profil instagram Bar Gina, pada lambang huruf R muncul penjelasan tentang Bar Gina, pada lambang telepon muncul pemberitahuan pengelolaan telepon, pada lambang peta lokasi muncul peta yang akan mengarahkan kita ke alamat Bar Gina, dan pada lambang mirip buku muncul daftar menu yang ada di Bar Gina. Di bawah lambang-lambang tersebut terdapat alamat Bar Gina, lalu di bawahnya terdapat penawaran-penawaran yang disediakan Bar Gina

b.   Offers
Kategori Offers mempunyai 3 sub kategori yaitu All Offers. Whats New, dan Monthly Specials
1)   All Offers
Pada sub kategori ini menampilkan semua penawaran tempat makan dan minum yang tersedia
Review alacarte

2)   Whats New
Pada sub kategori ini menampilkan penawaran tempat makan dan minum yang baru bekerjasama dengan Alacarte
Review alacarte

3)   Monthly Specials
Pada sub kategori ini menampilkan tempat makan dan minum yang spesial dibulan ini
Review alacarte

c.   Favorites
Review alacarte

Pada kategori ini ditampilkan list tempat makan dan minum yang menjadi favorit kita

d.   Shop
Review alacarte

Pada kategori ini ditampilkan jenis keanggotaan dan biayanya. Saat ini tersedia 3 jenis keanggotaan yaitu keanggotaan 1 bulan biayanya Rp. 49.000, keanggotaan 6 bulan biayanya Rp. 249.000, dan keanggotaan 12 bulan biayanya Rp. 399.000

2.   Lifestyle & Retail
Review alacarte

Fitur Lifestyle & Retail merupakan fitur yang berkaitan dengan gaya hidup. Kategori- kategori didalamnya sama persis dengan kategori yang ada pada fitur Dining, hanya beda topik saja.
Review alacarte

C.  Jenis-Jenis Penawaran Alacarte
Alacarte menyediakan tiga (3) jenis penawaran diskon dari Dining, Lifestyle Services, dan Kategori Ritel yaitu Beli-1-Gratis-1, % Off, dan IDR Off (atau disebut sebagai Minimum Spend & Save)
Review alacarte

1.   Penawaran Beli-1-Gratis-1
Syarat dan ketentuan dari penawaran ini adalah sebagai berikut :
1)   Satu(1) Penawaran 'Beli-1-Gratis-1' dapat digunakan untuk setiap dua (2) orang, maksimal tiga (3) Penawaran dapat digunakan, reservasi, atau meja, untuk enam (6) orang atau lebih.
Lihat Tabel 1 dibawah ini. 
Tabel 1:
Review alacarte

2)   Seluruh orang yang diperbolehkan redeem harus berusia diatas 17 tahun.
3)   Penawaran 'Beli-1-Gratis-1' dapat ditebus dari satu (1) akun Club Alacarte, atau dari tiga (3) akun Club Alacarte yang berbeda.  
4)   Items Penawaran yang dipesan untuk ditebus barhus dari kategori item/jasa yang sama dengan yang ditandai pada Penawaran. Sebagai contoh:
a.   Beli satu (1) Any Main Course dan dapatkan satu (1) Any Main Course gratis; atau
b.   Beli satu (1) Any Haircut dan dapatkan satu (1) Any Haircut gratis; atau
c.   Beli satu (1) Any Facial dan dapatkan satu (1) Any Facial gratis.
5)   Item dengan harga lebih murah (seperti yang tertera di Penawaran 'Beli-1-Gratis-1') akan di gratiskan dan dikeluarkan dari total tagihan. 
a.   Contoh, empat (4) pelanggan bersantap di Restoran mitra kami dengan pesanan sebagai berikut. 
b.   Due (2) steaks dari kategori "Any Main Course" dengan harga IDR500,000; dan dua (2) salmon fillets dari kategori "Any Main Course" dengan harga IDR250,000 
c.   Keempat pelanggan menggunakan dua (2) Penawaran di kategori "Any Main Course" 
d.   Dua (2) salmon fillets, dengan harga IDR250,000, adalah item makanan yang akan dikeluarkan dari jumlah tagihan karena salmon fillets adalah dua (2) items yang lebih murah di dalam kategori penawaran  "Any Main Course".
6)   Hanya satu (1) bon/tangihan yang akan disajikan per meja. Pemisahan bon/tangihan tidak diperbolehkan.
7)   Penawaran tidak berlau bersamaan dengan promosi lain seperti, diskon, promosi, dan program loyalitas atua penawaran special yang diadakan oleh merchant partner Alacarte.
8)   Penawaran Dining 'Beli-1-Gratis-1' hanyan berlaku untuk makan ditempat, tidak boleh pesan antar atau untuk dibawa pulanf - kecuali jelas tertera di dalam kategori Penawaran.
9)   Permotongan harga dari penawaran 'Beli-1-Gratis-1' tidak termasuk pajak dan biaya jasa yang ditetapkan oleh Merchant.
10)       Reservasi di depan mungkin diperlukan. Jika reservasi diperlukan, akan ada informasi tambahan di halaman Merchant tersebut. 

2.   Penawaran'% Off
Syarat dan ketentuan dari penawaran ini adalah sebagai berikut :
1.   Hanya satu (1) Penawaran '% Off' dapat digunakan untuk setiap satu (1) orang per kunjungan. 
2.   Seluruh orang yang diperbolehkan redeem harus berusia diatas 17 tahun.
3.   Penawaran '% Off' dapat ditebus dari satu (1) akun Club Alacarte atau akun yang berbeda-beda. 
4.   Penawaran '% Off' yang dapat ditebus berdasarkan item/jasa yang ditandai pada Penawaran.
5.   Sebagai contoh, anda hanya dapat menggunakan "50% Off Facial" untuk jasa facial apapun yang disediakan oleh merchant.
6.   Penawaran '% Off', hanya berlaku untuk harga normal, tidak berlaku bersamaan dengan promosi lain seperti diskon, promosi, dan program loyalitas atau penawaran special yang diadakan oleh Merchant partner Alacarte.
7.   Permotongan herga dari Penawaran '% Off' tidak termasuk pajak dan biaya jasa.
8.   Reservasi di depan mungkin deperlukan. Jika reservasi diperlukan, akan ada informasi tambahan di halaman Merchant tersebut. 

3.   Penawaran IDR Off'
Syarat dan ketentuan dari penawaran ini adalah sebagai berikut :
1.   Hanya satu (1) Penawaran 'IDR Off' dapat digunakan per kunjungan. 
2.   Seluruh orang yang diperbolehkan redeem harus berusia diatas 17 tahun.
3.   Untuk menukarkan Penawaran, anda harus berbelanja sebesar jumlah minimum yang tertera di Penawaran untuk mengdapatkan potongan harga yang tersedia.
4.   Penawaran 'IDR Off', hanya berlaku untuk harga normal, tidak berlaku bersamaan dengan promosi lain seperti diskon, promosi, dan program loyalitas atau penawaran special yang diadakan oleh Merchant partner Alacarte.
5.   Permotongan harga dari Penawaran 'IDR Off' tidak termasuk pajak dan biaya jasa. 

Penawaran dapat digunakan kapan saja tujuh (7) hari dalam seminggu (termasuk Sabtu dan Minggu), kapanpun jam buka Merchant tersebut. Pengecualian hanya pada Hari Libur Nasional dan malam sebelum Hari Libur Nasional yang terhitung dari pencetakan bon yang lewat dari jam 18:00.

Berdasarkan pengamatan saya ada beberapa hal yang menjadi kekurangan aplikasi ini. Pertama, aplikasi ini saat ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta saja. Kedua, walaupun aplikasi ini tersedia dalam dua mode bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Namun saat memilih mode bahasa Indonesia tampilannya tetap menggunakan bahasa Inggris, sehingga menyulitkan bagi yang tidak paham bahasa Inggris.

D.  Cara Menebus Penawaran Alacarte
Review alacarte

Berikut ini cara menebus penawaran menggunakan aplikasi Alacarte :
1.   Pilih Penawaran yang tertera di Aplikasi berdasarkan Merchant. 
2.   Perlihatkan Penawaran yang kita pilih di smartphone kita kepada pihak Merchant sebelum melakukan pembayaran
3.   Kita akan diminta untuk memasukkan empat (4) digit nomor PIN kita
4.   Setelah Merchant memasukkan PIN mereka, Penawaran akan ditebus dan diskon dari Penawaran tersebut akan diterapkan di bon kita. 
5.   Setelah Penawaran digunakan kita akan diminta untuk mengisi review mengenai pengalaman di Merchant yang kita kunjungi.
6.   Untuk menukarkan lebih banyak Penawaran, cukup ulangi proses yang sama. 
Berikut video panduan cara menebus penawaran

E.  Keuntungan Menjadi Member Alacarte
Review alacarte

Keuntungan yang akan didapatkan oleh member Alacarte antara lain :
1.   Satu membership yang memberikan kita akses ke ratusan penawaran eksklusif
2.   Nikmati manfaat Beli-1-Gratis-1 di restoran, diskon 50% untuk layanan gaya hidup, atau potongan harga dari pembelanjaan
3.   Hemat hingga 100 juta Rupiah setiap tahunnya dengan menggunakan penawaran kami

F.   Jenis-Jenis Member Alacarte
Alacarte mempunyai 2 jenis keanggotaan yaitu premium membership dan free trial membership
1.   Premium Membership
Syarat dan ketentuan premium membership Alacarte sebagai berikut :
a.   Club Alacarte menawarkan keanggotaan Premium 12 bulan.
b.   Setiap keanggotaan Premium dimulai dara tanggal pembelian keanggotaan Premium kita hingga tanggal keanggotaan kita berakhir seperti yang telah ditetapkan di dalam aplikasi Club Alacarte.  
c.   Kita dapat memperbarui keanggotaan Premium kita kapanpun. Jika kita memperbarui keanggotaan Premium kita sebelum keanggotaan terkini kita berakhir, keanggotaan Membership kita akan diperpanjang dari hari atau waktu berakhirnya.
d.   Contoh, keanggotaan terkini kita berakhir pada 1 Maret 2019. Jika kita membeli keanggotaan Premium 12 bulan yang lain pada 15 Februari 2019, maka perpanjangan keanggotaan Premium 12 bulan kita akan dimulai dari 2 Maret 2019 dan berakhir 2 Maret 2020
e.   Premium Member Club Alacarte berhak untuk medapat tiga (3) Penawaran terpisah di setiap Merchant partner selama masa berlaku penawaran.
f.     Setelah Premium Member telah menebus sebuah Penawaran tertentu, Penawaran tersebut akan terkunci dan tidak dapat digunakan lagi hingga masa berlaku penawaran di periode berikutnya. Akan tetapi, kita dapat menggunakan AlaPoints untuk membuka kembali penawaran-penawaran yang telah ditebus sebelumnya.

2.   Free Trial Membership
Syarat dan ketentuan free trial membership Alacarte sebagai berikut :
a.   Free Trial Members hanya mendapatkan satu (1) Penawaran setelah sukses melakukan registrasi di dalam aplikasi Club Alacarte.
b.   Free Trial Member hanya dapat menebuskan Penawaran yang tersedia dan tidak dapat menebuskan Penawaran yang statusnya terkunci (Locked).
c.   Setelah Free Trial Member telah berhasil menebus Penawaran di Merchant, seluruh Penawaran di seluruh semua mitra Merchant akan langsung terkunci.
d.   Free Trial Member harus membeli paket keanggotaan Premium untuk meneruskan penggunaan Penawaran-Penawaran lainnya.
e.   Untuk menghindari keraguan, Penawaran yang telah ditebus dalam masa keanggotaan gratis tidak akan terbuka lagi bahkan setelah kita meningkatkan keanggotaan kita ke keanggotaan Premium.

G.  Testimoni Pengguna Alacarte
Berikut testimoni dari mereka yang sudah menggunakan Alacarte
Review alacarte

Demikian ulasan mengenai Alacarte, hal-hal yang ingin Anda ketahui namun belum diulas disini, bisa Anda dapatkan di website club Alacarte .Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat.

Sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar