Minggu, 30 Agustus 2020

Menjaga Keindahan Hutan Indonesia Dengan Adopsi Hutan

keindahan hutan indonesia
Jika mendengar slogan “Jaga Hutan”  tersirat seolah-olah hutan yang membutuhkan manusia, padahal kenyataannya manusialah yang membutuhkan hutan. Begitu banyak fungsi hutan yang mempengaruhi kehidupan manusia, diantaranya  : hutan menyediakan oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernafas, hutan menjadi tempat tinggal bagi sebagian orang, hutan menyediakan sumber obat-obatan bagi manusia, hutan menjadi tempat mencari rezeki bagi sebagian orang, dan hutan mencegah datangnya banjir.

Sebetulnya fungsi hutan bagi manusia lebih besar lagi dari apa yang sudah disebutkan, sebagai elemen penting dalam ekosistem, yaitu penghasil bahan makanan maka keberadaan hutan merupakan kunci adanya kehidupan, jika hutan musnah maka musnah jugalah kehidupan. Kesimpulannya kehidupan manusia bergantung  kepada keberadaan hutan.

Namun sayangnya masih banyak manusia yang belum menyadari pentingnya hutan bagi keberlangsungan kehidupan, sehingga ada saja yang melakukan tindakan-tindakan pengerusakan hutan, baik skala kecil yang hanya sekedar mengotori lingkungan hutan maupun skala besar yang memungkinkan hilangnya keberadaan sebuah hutan.

Bersyukurlah kita masih ada orang-orang yang masih peduli dengan hutan https://hutanitu.id, yang tak kenal lelah menjaga keberadaan sebuah hutan serta tak bosan-bosan mengingatkan kita pentingnya menjaga hutan, salah satunya dengan menetapkan tanggal 7 Agustus sebagai hari hutan Indonesia. Dengan adanya hari hutan Indonesia ini maka diharapkan orang Indonesia memiliki perhatian terhadap hutan setidaknya sehari dalam setahun, agar hutan tidak lekang dari ingatan.

Indonesia akan selalu membuat iri negara-negara lain di dunia, negara ini begitu banyak menyimpan keindahan, seolah-olah surga keindahan ada disini. Salah satu keindahan yang menggoda mata dunia untuk melirik Indonesia adalah keindahan hutan indonesia. Beberapa keindahan hutan yang dimiliki Indonesia, antara lain :

Hutan Pinus Punti Kayu, Palembang

hutan pinus punti kayu

hutan pinus punti kayu

Hutan ini berada di Kecamatan Alang-Alang Lebar, tepatnya di  Jalan Kolonel Burlian, Desa Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar. Hutan ini telah dikelola menjadi sebuah tempat wisata yang diberi nama Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Hutan di sini dibagi menjadi empat wilayah : wilayah perkemahan, wilayah hutan lindung, wilayah danau dan rawa, serta wilayah rekreasi. Pengunjung selain menikmati keindahan hamparan pohon pinus juga bisa berfoto di jembatan gantung. Di sini ada juga replika keajaiban dunia, seperti : replika patung liberty, opera house sydney, piramida, kincir angin belanda dan menara eiffel.

Bagi yang belum mandi atau yang suka wahana air bisa menceburkan diri di waterboom. Beragam wahana rekreasi juga ada di sini, ada taman burung, kampung indian, perahu bebek, flying fox, serta paint ball. Khusus anak-anak bisa menaiki gajah, melihat kebun binatang mini dan museum fauna.  Aneka satwa juga ada di sini, kera ekor pajang, kelinci, kuda, iguana, kura-kura dan lainnya.

 

Hutan Pinus Sipinsur, Sumatera Utara

hutan pinus sipinsur

hutan pinus sipinsur

Hutan ini berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, tepatnya di Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan. Karena lokasi hutan ini dekat dengan danau toba menikmati keindahan danau toba bisa dari hutan ini. Karena hutan ini berada di dataran tinggi menyajikan pemandangan danau toba dari sudut yang berbeda. Berfoto sambil bersantai menikmati rimbunnya pohon pinus serta hembusan anginnya yang segar membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Berfoto di spot foto disebuah gardu pandang yang berbentuk perahu dengan danau toba sebagai latarnya adalah tempat favorit bagi pengunjung. Ada juga yang melakukan kegiatan berkemah di sini. Mereka yang berkemah di sini ada yang ingin menyaksikan senja di danau toba serta keindahan matahari ketika terbit keesokan harinya.

 

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta

hutan mangrove pantai indah kapuk

huutan mangrove pantai indah kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk /RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan yang ditawarkan hutan mangrove dengan mengelilinginya melalui jembatan kayu. Setelah puas berkeliling, pengunjung bisa mengamati burung pesisir melalui jembatan pengamatan burung. Selain burung, ditempat ini juga terlihat pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang menarik untuk difoto. Pengunjung yang ingin mencoba menanam mangrove bisa membeli bibit dan ikut menanamnya. Jika ingin sudut pemandangan yang berbeda, pengunjung bisa menyewa perahu mesin menyusuri sungai. Bagi pengunjung yang membawa anak jangan khawatir anaknya akan bosan, karena di sini ada taman bermain anak. Bagi yang ingin merasakan sensasi menginap di hutan mangrove bisa menyewa villa yang sudah disediakan.

 

Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta

hutan pinus mangunan

hutan piinus mangunan

Hutan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pesona hutan ini menawarkan keindahan dan kesejukan. Selain itu ada tempat foto yang paling populer di sini yaitu sebuah panggung yang didepannya berjejer kursi-kursi yang terbuat dari kayu. Ada juga spot foto yang berbentuk hati dan spot foto yang berbentuk bintang

 

Hutan Pinus Kragilan, Magelang

hutan pinus kragilan

hutan pinus kragilan

hutan pinus kragilan

Hutan Pinus Kragilan berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Di hutan ini selain menikmati keindahan alamn dan kesejukan anginnya, pengunjung bisa berfoto dengan spot yang menarik. Ada spot jalan setapak, dengan barisan pohon pinus disisi kiri dan kanannya. Cahaya matahari yang menerobos dedaunan akan memberikan efek yang menarik di foto. Ada spot foto di pintu masuk. Dengan menaiki tangga pengunjung bisa berfoto dengan latar belakan pohon pinus, hasilnya cukup menarik. Ada spot foto seolah-olah berada di atas awan dengan latar belakang hutan pinus dari ketinggian. Ada spot foto sarang tawon dan rumah lebah. Ada spot foto ayunan serta spot foto di hammock (tempat tidur gantung). Selain itu ada lagi spot foto wahana sepeda gantung, bermain sambil bergelantungan, rumah pohon, serta taman bunga matahari

 

Hutan Pinus Kintamani, Bali

hutan pinus kintamani

hutan pinus kintamani

Hutan ini berada di Kabupaten Bangli, tepatnya di Jalan Catur Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Keindahan hutan ini sudah tidak diragukan lagi ketika hutan ini termasuk salah satu hutan pinus terindah di indonesia oleh Wonderful Indonesia. Lokasinya yang berada dataran tinggi pegunungan menjadikan hutan ini selain indah juga penuh kesejukan. Keindahan yang dimiliki hutan ini menjadikannya tempat foto yang keren, selain itu banyak juga yang menjadikan tempat foto prawedding. Eksostis dan romantis berpadu harmoni di hutan pinus kintamani.

 

Hutan Mangrove Magepanda, Nusa Tenggara Timur

hutan mangrove magepanda

Hutan yang memiliki luas sekitar 40 hektar ini berada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Hutan ini dikelilingi bukit-bukit yang memiliki keindahan setara dengan keindahan bukit teletubies. Di hutan ini juga terdapat tempat singgah yang disebut dengan lopo. Hutan ini dibelah oleh jembatan yang terbuat dari bambu. Dari jembatan inilah pengunjung bisa melihat dari dekat phon mangrove dan makhluk hidup yang ada diantaranya. Ada menara pandang yang terletak di tengah hutan. Dari menara ini pengunjung bisa melihat pemandangan biru laut Flores.

 

Hutan Pinus Mentaos, Kalimantan Selatan

hutan pinus mentaos

hutan pinus mentaos

Hutan ini berada di Kecamatan Banjarbaru Utara, tepatnya di di Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara. Dari Kota Banjarbaru lokasi hutan ini jaraknya kurang lebih 5 Km atau sekiar 10 menit perjalanan dengan kendaraaan. Hutan ini dihiasi dengan dekorasi yang unik, seperti payung warna warni yang digantung. Tentu saja itu akan menjadi salah satu spot foto di sini. Selain itu ada juga spot foto kupu-kupu raksasa cantik. Pengunjung bisa bersantai di hammock menikmati keindahan dan kesejukan hutan ini.

 

Hutan Pinus Samboja, Kalimantan Timur

hutan pinus samboja


Hutan  ini berada di Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di Jalan Samboja - Muara Jawa, Desa Handil, Kabupaten Kutai Kartanegara. Hutan ini memiliki pemandangan yang menarik, khususnya dikala pagi hari ketika embun masih menyelimuti. Suasana pagi begitu tenang dan damai di sini

 

Hutan Pinus Malino, Sulawesi Selatan

Hutan ini berada di Kabupaten Gowa. Selain menawarkan keindahan, hutan ini juga menyediakan fasilitas arena bermain anak, lapangan tembak, hingga berkeliling dengan kuda.

hutan pinus malino

hutan pinus malino


Menjaga Keindahan Hutan Indonesia Dengan Adopsi Hutan 

Tentu saja keindahan hutan indonesia akan selalu bisa kita nikmati jika keberadaannya masih eksis di bumi, oleh karena itu hutan harus kita jaga agar tetap lestari. Salah satu upaya dalam menjaga kelestarian hutan adalah dengan kegiatan adopsi hutan. Adopsi hutan adalah gerakan gotong royong menjaga keberadaan hutan serta kekayaan yang ada didalamnya baik itu pohon, fauna, flora dan keanekaragaman hayati lainnya.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan adopsi hutan ada 2 cara yang bisa kita lakukan yaitu cara langsung dan cara tidak langsung. Cara langsung, dengan melakukan aksi nyata dalam menjaga hutan seperti yang dilakukan oleh Bapak Tata Mandong yang mengabdikan dirinya dalam menjaga hutan Bawakaraeng, di pedalaman Sulawesi Selatan. Pak Tata Mandong mulai mengabdikan dirinya sebagai penjaga hutan sejak tahun 2003, itu berarti sudah 17 tahun beliau mengabdikan dirinya. Sebagai penjaga hutan Pak Tata Mandong bertempat tinggal di rumah panggung di tengah Lembah Ramma.

Bapak Tata Mandong


Jika Pak Tata Mandong menjaga hutan seorang diri, ada juga yang secara berkelompok dalam menjaga hutan yang tergabung dalam masyarakat adat contohnya masyarakat adat Lindu yang berada di Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Sulawesi Tengah. Masyarakat adat Lindu membentuk sebuah majelis adat yang diberi nama Majelis Adat Ngata Lindu. Majelis adat ini bertugas mengawasi aturan penggunaan hutan  dan memberikan sanksi jika ada yang melanggarnya.

 

Masyarakat adat lindu

Aturan penggunaan hutan yang ditetapkan oleh majelis adat dengan membagi hutan  dengan berbagai area, diantaranya :

1.   Wanangkiki : area hutan yang tidak boleh disentuh masyarakat

2.   Suakantodea : area hutan yang boleh dimanfaatkan kekayaannya namun sifatnya terbatas.

3.   Pangale : area hutan yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan meberikan jeda penggunaaan lima tahun sekali.

4.   Pobondea : area hutan untuk menanam tanaman produktif, seperti kopi,bambu dan lainnya

5.   Popampa : area hutan untuk menanam ubi jalar, pisang, dan lainnya.

6.   Polida : area hutan untuk menanam padi

 

Sedangkan cara tidak langsung adopsi hutan, yaitu dengan melakukan donasi, menyisihkan sebagian rejeki kita untuk membantu mereka yang bersedia mengabdikan diri untuk menjaga hutan melalui pengelola adopsi hutan, antara lain :

1.   Forum Konservasi Leuser dan Yayasan HAkA di Aceh;

2.   Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) WARSI di Sumatra Barat, Jambi, dan Bengkulu;

3.   Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) di Kalimatan Barat;

4.   PROFAUNA Indonesia di Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

Dana yang terkumpul akan digunakan lembaga masyarakat setempat untuk patroli hutan desa/adat, modal wirausaha produksi hasil hutan non-kayu, dan klinik kesehatan warga.

 

Untuk melakukan donasi dengn mengunjungi website kitabisa.com atau website harihutan.id.

Cara donasi adopsi hutan melalui website kitabisa.com

donasi adopsi hutan

       

 donasi adopsi hutan


Cara donasi adopsi hutan melalui website harihutan.id

donasi adopsi hutan


donasi adopsi hutan

  Hutan adalah anugerah Yang Maha Kuasa untuk kita, sudah selayaknya kita mensyukuri atas segala kekayaan yang telah kita nikmati dengan menjaganya, ayo berpartisipasi menjaga hutan melalui adopsi hutan. Lestarinya hutan maka lestari jugalah kehidupan.

 

Referensi :

https://hutanitu.id/

https://harihutan.id/

https://maupa.co/

http://pskl.menlhk.go.id/

https://www.idntimes.com/

https://www.reddoorz.com/


Baca juga artikel ini :

Memanfaatkan Lahan  Kosong  Sebagai Upaya Melestarikan Bumi danKeanekaragaman Hayati



Tidak ada komentar:

Posting Komentar