Sabtu, 25 Januari 2020

Memanfaatkan Lahan Kosong Sebagai Upaya Melestarikan Bumi dan Keanekaragaman Hayati

Pelestarian Bumi dan Keanekaragaman Hayati

Hidangan yang tersedia di meja makan setiap hari, berupa nasi dan lauk pauknya bersumber dari keanekaragaman hayati. Dibalik kelezatan makanan tersebut pernahkah Anda membayangkan jika keanekaragaman hayati punah dari muka bumi? Jika itu terjadi maka sumber makanan akan ikut punah, jika sumber makanan sudah punah maka manusia pun ikut punah juga. Oleh karena itu diperlukan upaya melestarikan keanekaragaman hayati agar tidak punah.

*****

Indonesia patut berbangga diri, karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati  yang kaya, menurut data CBD (Convention on Biological Diversity) , Indonesia memiliki 17 persen burung dunia, 12 persen mamalia dunia, 11 persen tumbuhan dunia, 25 persen ikan dunia, dan 16 persen reptil dunia.
Pelestarian Bumi dan Keanekaragaman Hayati

Namun sayangnya keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia tersebut kini terancam punah dikarenakan rusaknya lingkungan yang ada di bumi. Economics of Land Degradation Initiative (ELDI) telah melakukan penelitian tentang kerusakan lingkungan yang dialami Bumi, hasil penelitiannya antara lain :
1.   Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tangan manusia sejak tahun 2000,  mengakibatkan hilangnya 75 persen nilai ekonomis alam.
2.   Nilai ekonomis yang hilang tersebut merugikan setiap orang hingga Rp 20 juta per orang
3.   Akibat rusaknya 52 persen lahan pertanian di berbagai negara, mengharuskan negara-negara tersebut menyuntikkan investasi Rp 400 triliun per tahun agar lahan-lahan pertanian bisa tetap menghasilkan bahan pangan
4.   Dalam kurun waktu 40 tahun terakhir (1970 – 2000) luas lahan di Bumi yang dilanda kekeringan parah meningkat hingga dua kali lipat
5.   Satu per tiga dari kawasan di Bumi kini rentan terhadap kerusakan lingkungan.

Rusaknya lingkungan yang ada di bumi akan berimbas kepada rusaknya keanekaragaman hayati. Jika keanekaragaman hayati rusak maka rusak jugalah kehidupan manusia. Hal itu disebabkan begitu banyaknya manfaat yang diberikan keanekaragaman hayati bagi manusia. Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia antara lain sumber pangan, sumber sandang, sumber papan, sumber pendapatan, sumber bahan obat-obatan, sumber bahan kosmetik, sumber ilmu pengetahuan, sumber aspek budaya, dan penyeimbang ekosistem. Informasi mengenai keanekaragaman hayati bisa dilihat di link ini http://www.msig.co.id/biodiversity
Pelestarian Bumi dan Keanekaragaman Hayati


Salah satu kerusakan lingkungan yang harus diwaspadai adalah kerusakan hutan. Hutan sebagai rumah bagi hewan dan tumbuhan kini mengalami deforestasi (berubahnya lahan hutan menjadi non-hutan) baik itu dikarenakan oleh bencana alam ataupun ulah tangan manusia. Semakin luas kerusakan hutan maka semakin banyak keanekaragaman hayati yang berkurang.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN)  pada tahun 2013, Indonesia berada di peringkat ke-4 sebagai negara yang memiliki jumlah terbanyak dari spesies yang terancam punah. Jumlah spesies yang terancam punah mencapai 1.206 spesies.

Upaya Menjaga Kelestarian Bumi dan Keanekaragaman Hayati
Salah satu penyebab kerusakan bumi dan keanekaragaman hayati adalah ulah tangan manusia, oleh karena itu untuk menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati juga melalui tangan manusia. Setiap individu mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati, termasuk saya sendiri..

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati saya memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami. Saya menanam terong, kangkung dan bayam. Disamping menanam tanaman saya juga memelihara beberapa ekor ayam.
Pelestarian Bumi dan Keanekaragaman Hayati

Dengan menanam tanaman dan memelihara hewan ternak, secara langsung saya berkontribusi untuk menjaga keberadaan keanekaragaman hayati serta tersedianya kebutuhan bagi diri sendiri. Dengan kemampuan menyediakan kebutuhan sendiri dari lahan kosong yang ada, tidak perlu lagi membuka lahan di hutan, sehingga hutan tetap lestari. Dengan lestarinya hutan maka lestari jugalah keanekaragaman hayati dan bumi.

Gaung untuk melestarikan bumi dan keanekaragaman hayati tentu saja harus disadari oleh setiap individu, oleh karena itu diperlukan edukasi yang mampu menggugah kesadaran individu akan pentingnya menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati melalui edukasi formal, non formal, maupun informal.

Melalui jalur edukasi generasi mendatang dibekali pengetahuan dan pemahaman pentingnya menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati sehingga mereka bisa berperan sejak usia dini. Sejak dini mereka sudah diajari tindakan pelestarian lingkungan, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. Sampah merupakan salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan.

Upaya melestarikan bumi dan keanekaragaman hayati juga hendaknya disadarai oleh korporasi, seperti yang telah dilakukan oleh MSIG. Melalui program CSR-nya MSIG memulihkan dan merehabilitasi hutan di Suaka Margasatwa Paliyan sekaligus memberikan pelatihan metode pertanian dan pemanenan yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Tidak berhenti sampai disitu, MSIG juga membantu masyarakat untuk mencapai kemandirian finansial yang lebih baik dengan meyediakan pedoman teknis pertanian. Untuk memperkaya pengetahuan guru-guru sekolah mengenai lingkungan, MSIG menggandeng  Universitas Gadjah Mada  dalam memberikan materi pendidikan lingkungan. MSIG juga mendidik dan membekali siswa pentingnya menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati. Kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati adalah warisan yang paling berharga bagi generasi mendatang untuk masa depan yang lebih baik.
Pelestarian Bumi dan Keanekaragaman Hayati


Berkenalan Dengan MSIG
MSIG atau PT. Asuransi MSIG Indonesia adalah perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia dan  merupakan bagian dari MS & AD Insurance Group. Untuk dipahami bersama, asuransi umum adalah asuransi yang memberikan ganti rugi kepada Tertanggung atas kerusakan atau kerugian harta benda.
asuransi msig

MSIG memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :
1.   Berpengalaman
MSIG memiliki pengalaman selama 40 tahun dalam melayani konsumennya. Dengan pengalaman sebanyak itu MSIG mengerti dan memahami kebutuhan konsumennya sehingga konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh MSIG.
2.   Lengkap
MSIG tidak hanya meyediakan layanan asuransi personal, melainkan asuransi komersial juga. Layanan asuransi personal yang disediakan MSIG antara lain Asuransi Home Shield, Asuransi Kendaraan Bermotor, Ladies Car Protection, Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Perjalanan Internasional dan Asuransi Perjalanan Domestik. Sedangkan untuk  layanan asuransi komersial MSIG menyediakan layanan Asuransi Pengangkutan Barang, Asuransi Harta Benda, Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Lini Keuangan, dan Asuransi Teknik
3.   Praktis
Di zaman sekarang urusan menjadi lebih mudah dengan adanya layanan yang serba online. Menyadari kondisi tersebut MSIG pun tidak mau ketinggalan, dengan layanan MSIG onlinenya konsumen bisa melakukan transaksi pembelian produk asuransi melalui genggaman tangan.
4.   Aman
Data pribadi merupakan sesuatu yang sangat sensitif, jika jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab akan berakibat fatal. Oleh karena itu MSIG menjamin data pribadi konsumennya dengan baik
5.   Cepat
Ketika menyelesaikan suatu urusan setiap orang ingin urusan itu cepat selesai. Oleh karena itu MSIG menjamin terbitnnya polis setelah konsumen membayar premi, tidak perlu menunggu sampai berhari-hari.
6.   Ada Promonya
Semua orang menyukai promo, karena itu artinya bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. MSIG pun mengerti kondisi tersebut, oleh karena itu MSIG berbaik hati memberikan konsumennya promo. Saat ini MSIG memberikan promo dengan diskon 25%. Bagi yang berminat segera mendapatkan promo ini sebelum masa berakhirnya tiba. Masa berlaku promo ini 21 sampai dengan 31 Januari 2020
7.   Terjamin
Penipuan asuransi sering terjadi, oleh karena itu dalam memilih perusahaan asuransi harus ekstra hati-hati. Asuransi yang terjamin aman adalah asuransi yang diatur dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) seperti asuransi dari MSIG ini. Semua produk asuransi MSIG diatur dan diawasi oleh OJK


Kesimpulan:
Untuk menjaga kelestarian bumi dan keanekaragaman hayati memerlukan tindakan nyata dari setiap individu dan korporasi, karena bumi adalah milik bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. Namun untuk melindungi diri dan usaha diperlukan asuransi, urusan asuransi serahkan kepada MSIG asuransi.


Referensi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar