Kamis, 09 Januari 2020

Menjelajah Asia dengan Paket Cruise Cheria Holiday

Menjelajah Asia dengan Paket Cruise Cheria Holiday

Setiap orang pasti punya impian, nah kalau saya punya impian ingin menjelajah Asia. Jika suatu saat  Tuhan memberikan kesempatan menjelajah Asia, maka saya akan menjelajah Asia dengan menggunakan kapal pesiar (cruise). Adapun alasan saya menggunakan cruise karena menggunakan pesawat sudah banyak yang melakukannya, saya ingin tampil beda. Lagi pula dengar-dengar berwisata dengan cruise lebih mengasyikkan daripada dengan pesawat.

Kelebihan Berwisata Dengan Kapal Pesiar (Cruise)
1.   Tidak Repot
Jika bepergian dengan pesawat  setiap tiba di suatu negara kita akan direpotkan dengan pencarian kamar hotel, belum lagi akomodasi yang lain. Semua itu menyita waktu dan energi. Beda bepergian dengan cruise, kita bisa jadi lebih santai tanpa harus repot-repot cari kamar hotel. Jika tiba disuatu negara, tinggal turun sambil menikmati objek wisata yang ada di negara tersebut, jika waktunya berangkat naik lagi ke dalam cruise.
2.   Fasilitas Lengkap
Kelengkapan fasilitas yang dimiliki cruise tak perlu diragukan lagi, di dalamnya ada bioskop, pusat kebugaran, kolam renang, dan lain sebagainya. Saking lengkapnya fasilitas yang dimiliki cruise, tak heran jika dijuluki “hotel yang berlayar dilautan”. Fasilitas dalam cruise termasuk juga makan 3 kali sehari, jadi semua keperluan sudah tersedia di dalamnya.
3.   Memiliki Kesempatan Berkeliling Tempat Wisata
Cruise memiliki jadwal berlabuh di suatu negara. Ketika sedang berlabuh, kita punya kesempatan untuk menikmati objek wisata yang ada di negara tersebut sampai tiba waktu berlayar kembali.
4.   Sangat Cocok Untuk Keluarga
Cruise sangat cocok untuk keluarga karena di sini semua bisa kumpul dan melakukan aktivitas bersama, misalnya makan bersama, renang bersama. Sehingga kedekatan dan keharmonisan keluarga bisa terbangun selama perjalanan.
5.   Harga Berbanding Lurus Dengan Fasilitas
Bepergian dengan cruise jangan takut kemahalan, karena harga sudah disesuaikan dengan fasilitas yang akan kita dapatkan.



Tentu saja di luar sana banyak travel atau tour yang menawarkan paket perjalanan wisata dengan cruise, namun saya sudah menentukan paket cruise sendiri  yaitu Paket Cruise dari Cheria Holiday. Alasan saya #Tour Naik Kapal Cruise Bareng Cheria Holiday, tidak muluk-muluk, hanya dua saja .

        Pertama, pilihan cruisenya banyak.

Cheria Holiday sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan cruise, diantaranya Celebrity X Cruises, Costa Cruise, Disney Cruise Line, Princess Cruise, Dream Cruises, dan Royal Caribbean Cruise. Hasil kerjasama Cheria Holiday dengan berbagai perusahaan cruise tersebut memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih cruise yang mana yang ia senangi. 
Menjelajah Asia dengan Paket Cruise Cheria Holiday

        Kedua, makanannya halal.

Tidak senua cruise menyediakan makanan halal, jika ada penumpang yang mencari makanan halal, mereka akan menyarankan ke makanan vegetarian atau makanan seafood.  Tentu saja hal ini akan membuat  penumpang yang beragama Islam tidak nyaman. Karena masalah kehalalan bukan hanya  dilihat dari bahannya, namun juga peralatan memasak dan cara memasaknya  juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, jika bepergian dengan Paket Cruise Cheria Holiday masalah makanan halal tak perlu dirisaukan lagi, karena Paket Cruise Cheria Holiday menyajikan sederet menu halal yang dimasak oleh koki muslim.
Menjelajah Asia dengan Paket Cruise Cheria Holiday



Menjelajah Asia Dengan Paket Cruise Dari Cheria Holiday

Setelah memilih paket cruise dari Cheria Holiday, kemana tujuan yang akan di tuju? Seperti di awal tadi saya sebutkan bahwa impian saya ingin menjelajah Asia.  Keinginan menjelajah  Asia dilatar belakangi rasa ingin tahu bagaimana kehidupan masyarakat  di negara lain. Bagaimana mereka menjalani kehidupannya hari demi hari? Bagaimana mereka menghabiskan waktunya dari menit ke menit? Bagaimana kebudayaannya? Itulah sederet pertanyaan yang sering berkecamuk di kepala saya.  Dari beberapa negara di Asia, saya sudah memilih 5 kota di Asia yang akan saya singgahi yaitu : Singapura, Vietnam, Bangkok, Hong Kong, Shanghai. Kelima negara itu saya pilih, karena tidak semua kota memiliki pelabuhan yang disinggahi oleh cruise, kelima negara  yang saya pilih tersebut akan disinggahi cruise.

Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Jelajah tempat wisata di Singapura kita awali di Raffles’ Landing Site. Raffles’ Landing Site adalah monumen yang dibangun untuk mengenang tempat Sir Stamford Raffles pertama kalinya mendarat di Singapura.  Karena letaknya berdekatan dengan Singapore River, jika ke sini banyak orang yang sekalian menikmati keindahan sungai tersebut
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Raffles’ Landing Site kita menuju ke Clarke Quay. Clarke Quay juga letaknya berdekatan dengan Singapore River. Pada malam hari kita bisa menikmati pantulan cahaya lampu warna warni di permukaan Singapore River yang berasal dari bangunan bernuansa China di sini.
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Clarke Quay  kita menuju Singapore Botanic Garden. Singapore Botanic Garden adalah sebuah taman yang memiliki luas 74 hektare dan terletak di tengah kota. Dengan seluas itu, maka tak heran taman ini menghadirkan suasana hijau dan asri meskipun di tengah perkotaan.
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Singapore Botanic Garden  kita menuju ke Orchard Road. Orchard Road adalah tempat yang memanjakan wisatawan yang hobi belanja. Di kawasan ini mereka bisa berbelanja mulai dari barang elektornik hingga berbagai macam aksesoris.
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Orchard Road kita menuju ke Little India. Di Little India ada kuil yang tersohor, namanya kuil Vadapathira Kaliamman. Selain mengunjungi kuil, ditempat ini banyak juga dikunjungi orang yang ingin berbelanja, karena disini ada pusat perbelanjaan yang buka 24 jam.
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Little India kita menuju ke Bugis Street. Bugis Street ramai dikunjungi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Kawasan ini terkenal dengan harganya yang lebih murah. 
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Bugis Street kita menuju East Coast Park. East Coast Park  adalah tempat yang cocok untuk melihat keindahan pemandangan laut sekaligus bersantai karena East Coast Park merupakan sebuah taman kota yang letaknya berada di tepi pantai. 
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari East Coast Park kita menuju ke Marina Bay Sands. Marina Bay Sands ramai dikunjungi wisatawan karena tempat ini memenuhi kebutuhan  mereka yang ingin menginap ada hotel, mereka yang ingin berbelanja ada mall, mereka yang ingin bersenang-senang ada kasino. Bagi yang tidak masuk kategori yang sudah disebutkan tadi mengunjungi Marina Bay Sands untuk melihat Spectra, yaitu pertunjukan air dan lampu luar ruangan tanpa biaya alias gratis.


Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Marina Bay Sands kita menuju ke Gardens by the Bay. Gardens by the Bay adalah taman yang memiliki luas 100 hektare. Masuk ke tempat ini gratis.
Jelajah Tempat Wisata di Singapura

Dari Gardens by the Bay kita menuju ke Merlion Park. Merlion Park merupakan icon Singapura yang familiar di masyarakat, mereka yang belum ke Singapura pun tahu kalu patung berkepala singa dan bertubuh ikantersebut ada di Singapura. 
Jelajah Tempat Wisata di Singapura


Jelajah Tempat Wisata di Vietnam

Jelajah tempat wisata di Vietnam kita awali di Vinpearl Land. Vinpearl Land menyediakan wahana permainan indoor maupun outdoor. Banyaknya wahana menjadikan tempat ini sebagai surga rekreasi. 
Jelajah Tempat Wisata di Vietnam

Dari Vinpearl Land kita menuju ke Long Son Pagoda. Long Son Pagoda menawarkan kemegahan dan pesona sebuah tempat ibadah. Orang yang mengunjungi tempat ini merasa betah  berada di sini, karena lingkungannya terawat dengan baik.
Jelajah Tempat Wisata di Vietnam

Dari Long Son Pagoda kita menuju ke Kuil Po Nagar. Kuil Po Nagar

berada sebuah dataran tinggi Gunung Cu Lau. Kuil Po Nagar memiliki ciri khas bangunan dengan dinding dari bata merah memiliki bingkai yang menonjol serta atapnya yang runcing.
Jelajah Tempat Wisata di Vietnam

Dari Kuil Po Nagar kita menuju ke National Oceanographic Museum. National Oceanographic Museum adalah tempat yang layak dituju untuk menambah wawasan seputar dunia laut. Di museum ini kita dapat melihat berbagai jenis hewan laut, ada  yang masih hidup, ada juga yang diawetkan. Di sini kita juga bisa melihat fosil ikan paus yang masih utuh.
Jelajah Tempat Wisata di Vietnam

Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Jelajah tempat wisata di Bangkok kita awali di Royal Grand Palace. Royal Grand Palace adalah tempat kita mengenal sejarah dan budaya Thailand. Di tempat ini kita bisa melihat kediaman raja-raja Thailand. Di sini juga terdapat pagoda yang memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat Thailand karena dianggap paling suci, yaitu pagoda Wat Phra Kaew.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari Royal Grand Palace kita menuju ke Wat Pho. Wat Pho adalah sebuah kuil yang dinobatkan sebagai kuil Buddha terbesar di Bangkok.  Di kuil ini ada patung Buddha yang menarik perhatian karena warnanya yang keemasan.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

DariWat Pho kita menuju ke Wat Arun Temple. Wat Arun  Temple berada di samping Chao Phraya River, yaitu sungai utama di Thailand. Wat Arun disebut juga Temple of the Dawn, di sini kita akan melihat pagoda yang yang dihiasi porselen warna warni dengan ketinggian 66-86 meter.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari Wat Arun Temple kita menuju ke Chatuchak Weekend Market. Chatuchak Weekend Market adalah tempat bagi mereka yang ingin berbelanja. Di sini banyak terdapat toko, lebih dari 8000 toko yang menyediakan keperluan mulai dari sekedar makan minum sampai dengan barang antik. Yang membuat orang senang berbelanja di sini karena harganya yang lebih miring.


Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari Chatuchak Weekend Market kita menuju ke Chocolate Ville. Chocolate Ville adalah tempat kita memanjakan lidah dengan aneka kuliner. Tempat ini sangat nyaman sebagai tempat makan karena bangunan di sini bergaya klasik sehingga menghadirkan suasana seperti pedesaan di Eropa.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari Chocolate Ville kita menuju ke Asiatique Night Market. Asiatique Night Market termasuk tempat berbelanja yang favorit di Thailand. Dengan konsep mall outdoornya yang terbilang unik, serta banyaknya toko hingga mencapai 1.500 ditambah dengan kehadiran 500 restoran menjadikan tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

DariAsiatique Night Market kita menuju ke Khao San Road. Khao San Road adalah tempat yang dituju ketika kita hendak mencari penginapan murah, kelab malam murah, tempat makan murah bahkan toko yang menjual oleh-oleh dengan harga murah.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari Khao San Road kita menuju ke MBK Shopping Mall. MBK Shopping Mall dinobatkan sebagai mall terbesar di Thailand. Memiliki 8 lantai,  lebih dari 2000 gerai serta harga yang boleh ditawar akan menjamin kepuasn berbelanja di sini. 
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari MBK Shopping Mall kita menuju ke Madame Tussauds Bangkok. Apakah kamu memiliki tokoh idola? Coba lihat apakah ada tokoh idola kamu di Madame Tussauds Bangkok karena di sini menyimpan patung lilin berbagai tokohmulai dari negarawn, tokoh agama, artis, dan atlet. Kita bisa berfoto dengan tokoh idola kita disini, walaupun dalam bentuk patung.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok

Dari Madame Tussauds Bangkok kita menuju ke Platinum Fashion Mall. Platinum Fashion Mall sesuai dengan namanya adalah mall yang memiliki 6 lantai dan lebih dari 1.500 kios akan memanjakan kita dengan berbagai pilihan fashion. Yang menyenangkan berbelanja busana di sini, selain mengikuti tren mode yang sedang berkembang, harganya pun nyaman di kantong.
Jelajah Tempat Wisata di Bangkok


Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Jelajah tempat wisata di Hong Kong kita awali dengan naik ferry, namanya Star Ferry. Dengan Star Ferry kita menuju Kowloon untuk melihat bagaimana  keindahan pelabuhan yang dinobatkan sebagai pelabuhan terindah di dunia secara dekat.


Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Setelah puas berkeliling dengan Star Ferry kita menuju ke Victoria Park. Di Victoria Park ini kita bisa menikmati pemandangan dari siang hingga malam hari. Di siang hari kita disuguhkan pemandangan gedung pencakar langit yang berkilau sertaVictoria Harbour.  Di sore hari pemandangan orange dan merah muda dari sunset yang eksotis siap kita nikmati. Di malam hari kita bisa menikmati kerlap kerlip dari lampu jalan dan cahaya bintang.
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari Victoria Park kita menuju ke Wong Tai Sin Temple. Wong Tai Sin adalah kuil yang dibangun untuk menghormati dewa Tao Wong Tai Sin, yaitu dewa pembawa keberuntungan. Ada 3 tempat yang menarik di kuil ini yaitu, pertama Hall of Three Saints, kedua Good Wish Garden, ketiga

ruang aula yang ditujukan bagi Konfusius beserta 72 muridnya.
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari Wong Tai Sin Temple kita menuju ke Tsim Sha Tsui. Tsim Sha Tsui adalah tempat untuk berbelanja dan menikmati hiburan yang terletak di distrik selatan Kowloon. Di ujung distrik ini, ada menara jam yang dibangun dengan batu granit warna merah, menara itu disebut Kowloon-Canton Railway Clock Tower
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari Tsim Sha Tsui kita menuju ke Avenue of Stars. Avenue of Stars adalah sebuah tempat  untuk mengapresiasi mereka yang termasuk bintang besar di jagat hiburan, salah satunya adalah Bruce Lee. 
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

DariAvenue of Stars kita menuju ke Ocean Park. Ocean Park adalah taman hiburan yang menyediakan berbagai jenis wahana yang dapat kita nikmati dalam waktu satu hari penuh.  Di sini ada Grand Aquarium, yaitu merupakan aquarium yang memiliki kubah paling besar di dunia dengan diameter 5,5 meter. Bagi yang suka memacu adrenalin ada roller coaster. Bagi yang suka hewan ada panda raksasa, panda merah, Chinese Giant Salamander juga ada.
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari Ocean Park  kita menuju ke Lan Kwai Fong. Lan Kwai Fong  adalah tempat orang melepaskan penat. Di sini tersedia restoran dan bar sebanyak 90 buah. Kadangkala di sini juga diadakan festival atau karnaval.
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari Lan Kwai Fong kita menuju ke Repulse Bay & Beaches. Repulse Bay & Beach adalah pantai yang paling populer di Hong Kong. Repulse Bay & Beach dilengkapi dengan gaya mewah dan pemandangan arsitektur tradisional China serta arsitektur modern yang bergaya kolonial. 
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari Repulse Bay & Beaches kita menuju ke Hong Kong Disneyland. Di Hongkong Disneyland kita bisa menikmati 2 tema kunjungan. Flights of Fantasy di siang hari dan Paint the Night di malam hari. Ada juga Disney in the Stars, yaitu pertunjukan kembang api.
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong

Dari  Hong Kong Disneyland kita menuju ke Temple Street Night Market. Temple Street Night Market adalah pasar malam,di dalamnya banyak yang menjual berbagai macam barang, mulai dari elektronik, pakaian, perhiasan giok, dan kerajinan tangan khas China.
Jelajah Tempat Wisata di Hong Kong


Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Jelajah tempat wisata di Shanghai kita awali di The Bund Shanghai. The Bund Shanghai adalah sebuah dermaga yang terletak di sepanjang Sungai Huangpu yang berada di Kota Shanghai. 
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari The Bund Shanghai kita menuju ke Yu Garden Shanghai. Yu Garden Shanghai adalah sebuah taman klasik yang berumur kurang lebih 400 tahun. Didirikan sejak zaman Dinasti Ming. Di sini kita akan menjumpai banyak paviliun dan kuil tradisional.
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari Yu Garden Shanghai kita menuju ke Shanghai Tower. Shanghai Tower adalah menara dengan ketinggian 632 meter. Dengan ketinggiannya tersebut, menara ini di nobatkan sebagai gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. Di menara ini ada Observation Deck,  yaitu tempat menikmati pemandangan Kota Shanghai dari ketinggian.  
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari Shanghai Tower kita menuju ke Nanjing Road. Nanjing Road dibagi menjadi 2  dengan konsep yang berbeda, yaitu Nanjing East Road dan Nanjing West Road. Nanjing East Road konsepnya masih tradisional, toko-toko yang ada menjual produk lokal, ada satu toko yang paling lama berdiri di sini yaitu toko Old Phoenix, toko ini sudah berumur 1,5 abad. Jika Nanjing East Road dengan konsep tradisional, maka Nanjing West Road dengan konsep modern. Toko-toko di sini banyak menjual produk dari luar negeri seperti  Zara, Prada, Channel, Lacoste, H&M, Burberry, Balenciaga, Louis Vuitton dan lainnya.
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari Nanjing Road kita menuju ke Shanghai Museum. Shanghai Museum adalah museum yang menyimpan benda-benda berharga peninggalan bangsa Tiongkok.. Ada lebih dari 1.000.000 objek seni yang bisa kita temui di sini. Museum ini berdiri tahun 1952
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari Shanghai Museum kita menuju ke Lujiazui Old Town. Lujiazui Old Town adalah kawasan ekonomi di Shanghai. Tempat ini menyimpan pemandangan yang menarik bagi kita, di sini kita bisa menjumpai bangunan kolonial  serta gedung pencakar langit. 
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari Lujiazui Old Town kita menuju Oriental Pearl Tower. Oriental Pearl
Tower adalah sebuah menara  yang memiliki ketinggian mencapai 468 M. Menara ini memiliki desain yang unik, ada seperti mutiara di tengahnya. Dari menara ini kita bisa melihat keindahan kota Shanghai.
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai

Dari Oriental Pearl Tower kita menuju ke Super Brand Mall. Super Brand Mall akan memanjakan mereka yang hobi belanja. Mall yang memiliki 13 lantai dengan ribuan outlet ditambah dengan 70 restoran akan membuat orang betah berlama-lama di sini.
Jelajah Tempat Wisata di Shanghai


Berkenalan dengan Cheria Holiday

Cheria Holiday berdiri tahun 2012. Perusahaan travel dan tour ini dikenal sebagai pelopor wisata halal dunia.  Untuk mempopulerkan wisata halal Cheri Holiday melakukan berbagai kegiatan diantaranya dengan menyelenggarakan lomba menulis artikel kreatif  yang saat ini sudah memasuki tahap ke 10. 

Perusahaan ini tidak hanya melayani konsumen muslim,  konsumen non muslim pun dilayani juga.  Negara yang menjadi destinasinya pun tidak hanya negara yang mayoritas muslim seperti Tour Jejak RosulTour Aqso, Tour Turki dan lain sebagainya. Melainkan juga ke negara yang mayoritas non muslim seperti Tour Beijing China, Tour Korea Selatan, Tour Hongkong, Tour India, Tour Eropa Barat, dan lain sebagainya. Untuk info secara lengkap mengenai destinasi wisata ini bisa kita dapatkan dengan mengunjungi website Cheria Holiday di www.cheria-travel.com. 
foto kegiatan cheria holiday

Adapun visi dan misi Cheria Holiday, yaitu :
Visi :
Menjadi perusahaan yang memimpin dalam jaringan customer, mapan dalam teknologi dan prima dalam layanan yang mengusung prinsip syariah yang bersifat amanah.

Misi :
        Senantiasa membina dan melayani customer dan jaringan customer dalam format mitra, agent atau referal sebaik mungkin.
        Senantiasa mengupdate teknologi dan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada, baik dalam pengembangan inovasi produk dan layanan maupun dari segi sumber daya manusia dengan mengadakan evaluasi dan mengadakan internal training dalam meningkatkan kemampuan layanan.

Alamat kantor pusat Cheria Halal Holiday berlokasi di Jl.Kapten Tendean No. 82 Mampang Prapatan Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12790, Indonesia Tel. 021-7900-216/7900-201 Fax. 021- 7918-2408
kantor pusat cheria holiday

Keunggulan Cheria Holiday
keunggulan cheria holiday

1.   Cheria telah menjadi leader dalam industri tour halal di Indonesia dan menjadi tempat belajar untuk travel agent lainnya dengan aktif memberikan training untuk mempopulerkan wisata halal di Indonesia
2.   Memiliki produk tour halal terlengkap baik domestik maupun internasional

3.   Memiliki web dengan 5 juta lebih pageview dengan page view 3000 per hari menjadikan tour halal yang populer dikalangan netizen
4.   Pertama dan satu-satunya yang memiliki aplikasi tour halal berbasis web dan aplikasi mobile phone.
5.   Memiliki pengalaman kurang lebih selama 7 tahun dan sudah melayani ribuan konsumen



6.   Memiliki legalitas yang jelas, diantaranya :
        TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta 
        Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132 
        Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Madinah Iman Wisata Nomor 118 Tahun 2015
        Izin Umroh Madinah Iman Wisata Nomor D/70/2015
7.   Memperoleh peringkat 3 terbaik di 2 kategori sebagai Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik dan Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dalam ajang kompetisi pariwisata halal nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.
penghargaan untuk cheria holiday



Demikian cerita impian saya, semoga Tuhan suatu saat mengabulkannya. Apakah impianmu sama dengan saya? Jika sama mari berdo’a bersama-sama. Jika tidak sama? Do’akan saja, siapa tahu saya berbaik hati membelikan kamu oleh-oleh.

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar