Jumat, 10 April 2020

Maukah Engkau Menerima Kejujuran Dari Secangkir Kopi Jujur?

Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen


Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen. Di pasaran kopi ada dua jenis. Pertama, kopi asli. Kopi ini disebut asli karena dalam pembuatannya menggunakan bubuk kopi. Ciri khas kopi ini ketika diminum akan mempunyai rasa pahit, namun bagi pecinta kopi justru rasa pahit tersebut memberikan suatu sensasi kenikmatan yang tidak dimiliki minuman lain. Bahkan ada yang berfilosofi rasa manis dan pahit yang terkandung dalam secangkir kopi merupakan simbol kehidupan, ada senang dan ada duka. Mereka yang meminum kopi adalah mereka yang siap merengkuh suka dan dukanya kehidupan. Kopi asli disebut juga sebagai Kopi Jujur.


Kedua, kopi tidak asli. Kopi ini disebut tidak asli karena aroma dan rasa kopi yang ada didalamnya bukan berasal dari bubuk kopi melainkan dari campuran essen. Kopi ini tidak mempunyai sensasi rasa pahit di lidah ketika di minum. Kedua jenis kopi ini tentu saja memiliki penggemar masing-masing.

PENGERTIAN KOPI
Secara defenisi kopi adalah minuman yang terbuat dari olahan biji kopi. Ketika kita berkunjung ke warung kopi tradisional, jenis minuman kopi tidak banyak, paling kopi hitam dan kopi susu. Namun ketika kita masuk ke warung kopi modern atau coffee shop, nama minuman kopi menjadi bermacam-macam, bagi yang bukan pecinta kopi seperti saya sempat bingung ketika disodori menu kopi dengan nama yang diserap dari bahasa asing.

Ada namanya kopi Espresso, yaitu kopi yang dibuat menggunakan uap panas dengan tekanan tinggi. Kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio perbandingan antara susu dan kopi 3 banding 1, artinya lebih banyak susu daripada kopinya,  namanya kopi Latte. Kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio perbandingan antara kopi dan susu 4 banding 1, artinya lebih banyak kopi daripada susu, namanya kopi Macchiato. Kopi espresso yang disajikan dingin namanya Frappe.

Ada namanya kopi Cappucino, yaitu kopi yang ditambahkan susu, krim, juga serpihan coklat. Jika penambahan krimnya sedikit dan tanpa susu, namanya Dry Cappucino. Ada namanya kopi Moka, yaitu kopi yang mirip dengan latte dan cappucino tetapi memakai tambahan sirup coklat.
Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen
Jenis-jenis minuman kopi (Foto : google)

Kita patut berbangga sebagai bangsa Indonesia, karena kita memiliki kopi yang memiliki kualitas yang baik sehingga terkenal di dunia, diantaranya. Kopi Gayo, kopi ini berasal dari Aceh Tengah. Ciri khas kopi ini, memiliki tingkat keasaman yang rendah namun memiliki tingkat kepahitan yang kuat.

Kopi Toraja, kopi ini berasal dari Sulawesi Selatan. Ciri khas kopi ini, lidah akan merasakan pahit lalu hilang tanpa meninggalkan rasa pahit di lidah. Kopi Kintamani, kopi ini berasal dari Bali. Ciri khas kopi ini, memiliki rasa yang bercampur dengan rasa buah.

Kopi Flores, kopi ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Ciri khas kopi ini, memiliki aroma buah. Kopi Jawa, kopi ini berasal dari Jawa Timur. Ciri khas kopi ini, sedikit beraroma rempah-rempah. Kopi Lanang, kopi ini berasal dari Banyuwangi. Ciri khas kopi ini, biji kopinya tidak memiliki belahan tengah seperti biji kopi umumnya. Selain itu kopi ini bisa menambah vitalitas pria.

Kopi Luwak, kopi luwak sebutan untuk kopi yang berasal dari kotoran luwak. Cita rasanya yang nikmat serta langka menjadikan kopi ini sangat mahal. Kopi Wamena, kopi ini berasal dari Papua. Ciri khas kopi ini, biji kopinya harum, cita rasanya tidak meninggalkan rasa asam di lidah. Kopi Sidikalang, kopi ini berasal dari Sumatera Utara. Ciri khas kopi ini, memiliki tekstur yang sangat halus dengan cita rasa yang nikmat.
Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen
Kopi Indonesia yang mendunia (Foto : google)

PENGERTIAN ESSEN
Essen adalah produk yang memiliki rasa dan aroma kopi yang kuat. Essen dibuat dari uap kopi yang ditangkap. Prosesnya, kopi yang sudah diroasting dan digiling dimasukkan ke dalam mesin penyeduh. Uap kopi yang keluar dari hasil penyeduhan ditangkap lalu dikumpulkan dalam mesin tertutup. Hasil essen tidak berwarna hitam, melainkan berwarna putih kekuningan hingga kecoklatan. Essen dicampurkan ke dalam minuman atau makanan yang membutuhkan rasa dan aroma kopi.

Namun celakanya ada pengusaha kopi yang nakal, menjual kopi dengan campuran essen di dalammya dengan motif meraih keuntungan yang banyak. Sangat menggiurkan memang keuntungan yang didapat, bayangkan saja untuk memproduksi satu ton kopi dengn campuran essen hanya membutuhkan satu kilo gram biji kopi. Tak heran jika kopi dengan campuran essen bisa dijual dengan harga yang sangat murah sekali. 

Si pengusaha kopi enak bisa meraup keuntungan yang banyak, sedangkan konsumennya merana karena kesehatannya terancam. Pasalnya kopi dengan campuran essen berbahaya bagi kesehatan. Kandungan krimer nabati dalam kopi dengan campuran essen tidak mampu dicerna secara sempurna oleh tubuh. Mengkonsumsi kopi dengan campuran essen setiap hari dalam jangka waktu panjang akan beresiko mengalami penyumbatan pembuluh darah.

Kandungan gula dan minyak nabati dalam kopi dengan campuran essen jika terlalu sering dikonsumsi berpotensi menimbulkan kanker. Kopi dengan campuran essen mengandung pemanis buatan, sehingga beresiko terkena diabetes. Kandungan krimer dalam kopi dengan campuran essen membuat kolesterol tubuh susah dicerna, seihingga mengakibatkan kolesterol menumpuk. Kafein yang terdapat pada kopi dengan campuran essen, merupakan kafein buatan. Mengkonsumsinya secara berlebihan mengakibatkan hormon dopamin dalam tubuh meningkat. Meningkatnya hormon dopamin akan mengakibatkan kesehatan jantung terganggu.

Dengan berbagai bahaya yang mengancam kesehatan, sudah selayaknya meninggalkan kopi dengan campuran essen lalu beralih kepada Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

KOPI JUJUR
Kopi Jujur adalah kebalikan dari kopi dengan campuran essen. Kopi Jujur terbuat dari bubuk kopi hasil olahan biji kopi, itulah sebabnya Kopi Jujur disebut kopi asli. Sebagai kopi asli, Kopi Jujur bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya.
        Mengurangi risiko terkena penyakit alzhimer,  parkinson, dan batu ginjal.
        Memori jangka pendek menjadi meningkat
        Membantu meredakan sakt kepala
        Memperlancar buang air kecil
        Anti oksodan efektif.

Akun Media Sosial Kopi Jujur
Twitter ; kopi_jujur
FB : Kopi Jujur
Instagram : Kopi Jujur
YouTube : Kopi Jujur

KOPI JUJUR LAWAN CORONA
Kopi Jujur mengadakan aksi kemanusiaan sebagai bentuk keprihatinan terhadap wabah Covid 19. Aksi kemanusiaan tersebut bertajuk Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis. Kopi Jujur tersebut akan diberikan kepada tenaga medis, tenaga kesehatan, karyawan dan staff yang berjuang menanggulangi Covid 19 di Jakarta. Aksi tersebut dijadwalkan akan berlangsung selama dua bulan, 30 Maret 2020 hingga 30 Mei 2020.
Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen
Aksi Kopi Jujur Lawan Corona (Foto : akun instagram @kopijujur)
Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mendukung aksi ini. Cara pertama, membantu share, like, support penyebarluasan informasi aksi ini. Cara kedua, membantu memberikan donasi melalui rekening donasi, rekening BCA a/n PT. Cybers Global Indonesia No Rekeningnya 5045113245. Cara ketiga, membantu meyediakan Tenaga Barista Pejuang, peralatan kopi dan pendukung lainnya, seperti kopi, gula, hot paper cup, stirer, tenaga serta kendaraan untuk logistik. Informasi mengenai aksi ini bisa dilihat di link berikut ini :

        Website kopi jujur : www.kopijujur.id
        Instagram Kopi Jujur : https://www.instagram.com/kopijujur/
        Indo Relawan Kopi Jujur : http://bit.ly/IndorelawanKopijujur
        Donasi Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis Untuk Tenaga Medis (kitabisa) : http://Kitabisa.com/kopijujurlawancorona
        Donasi Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis Untuk Tenaga Medis (benihbaik) : http://bit.ly/benihbaikkopijujur
        Telegram Group (monitor & Diskusi) : https://t.me/kopijujur

Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen
Ayo Kita Dukung Aksi Kopi Jujur Lawan Corona (Foto : akun instagram @kopijujur)

Akhir kata, dari pembahasan di atas Anda sudah tahu apa itu kopi dengan campuran essen dan apa itu Kopi Jujur. Sekarang keputusan ada ditangan Anda, apakah Anda mau menerima kejujuran dari secangkir Kopi Jujur atau malah menolaknya. Kalau saya sih, mau. Salam Kopi Jujur.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar