Sabtu, 10 Oktober 2020

Dapatkan Pengetahuan Parenting di Popmama Parenting Academy 2020

  

popmama parenting academy 2020

Sebagai orang yang sudah menikah tentunya saya dan pasangan mempersiapkan diri menjadi orang tua. Oleh karena itu saya pun mulai mencari informasi seputar menjadi orang tua atau istilah kerennya parenting. APA (American Psychological Association) mendefenisikan parenting sebagai pola pengasuhan anak oleh orang dewasa  (tidak dibatasi oleh hubungan  biologis). Lebih lanjut lagi pola pengasuhan anak tersebut memiliki tujuan, yaitu : 1) Memastikan anak-anak selalu dalam keadaan sehat dan aman. 2) Mempersiapkan anak-anak agar tumbuh menjadi produktif. Dan 3) Menurunkan nilai-nilai budaya.

Sebagai seorang anak tentunya kita sudah mengenal pola pengasuhan anak yang kita serap dari cara orang tua mengasuh kita. Namun kita tidak bisa sepenuhnya bergantung dengan cara pengasuhan dari orang tua.  Harus dipilih dan dipilah juga mana yang masih sesuai, mana yang tidak dengan situasi dan kondisi sekarang. Pola pengasuhan anak berkambang sesuai dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu sebagai calon orang tua setiap pasangan harus membekali dirinya dengan pengetahuan parenting terkini. Di zaman yang serba internet ini tentu saja mencari pengetahuan parenting bukanlah hal yang sulit. Tinggal ketik keyword di browser maka kita akan disuguhkan beragam artikel parenting. Dari berbagai website yang menyuguhkan informasi tentang parenting tersebut tentunya kita harus memilih sumber informasi yang layak dijadikan refernsi.

Kalau saya sendiri sudah menentukan pilihan, yaitu Popmama.com  . Alasan saya menjadikan Popmama.com sebagai sumber referensi  seputar parenting sederhana saja, lengkap dan mudah dimengerti. Sebagai pencari informasi kita membutuhkan informasi yang sesuai dengan apa yang kita inginkan (lengkap). Disamping lengkap tentu saja informasi yang disajikan mudah untuk dimengerti, tidak menimbulkan multi tafsir apalagi pusing memahaminya.

Popmama.com membagi artikelnya dalam 5 menu, yaitu Pregnancy, Baby, Kid, Big Kid, dan Life.

menu popmama.com

Di menu Pregnancy, artikel dibagi lagi menjadi 5 sub menu yaitu Getting Pregnant, First Trimester, Second Trimester, Third Semeseter, dan Birth. Getting Pregnant, berisi artikel-artikel yang membahas cara agar seorang ibu bisa hamil. First Trimester, berisi artikel-artikel yang membahas kehamilan yang berumur  0 sampai 3 bulan. Second Trimester, berisi artikel-artikel yang membahas kehamilan yang berumut 4 sampai 6 bulan. Third Semester, berisi artikel-artikel yang membahas kehamilan yang berumur 7 sampai 9 bulan. Birth, berisi artikel-artikel yang membahas seputar melahirkan. 

pregnancy

Di menu Baby, artikel dibagi menjadi 2 sub menu yaitu 0-6 months dan 7-12 months. Sub menu 0-6 months, berisi artikel parenting untuk bayi yang berumur 0 sampai 6 bulan. Sub menu 7-12 months, berisi artikel parenting untuk bayi yang berumur 7 sampai 12 bulan. 

baby

Di menu Kid, artikel dibagi menjadi 2 sub menu yaitu 1-3 years old dan 4-5 years old. Sub menu 1-3 years, berisi artikel parenting untuk anak yang berumur 1 sampai 3 tahun. Sub menu 4-6 years old, berisi artikel parenting untuk anak yang berumur 4 sampai 5 tahun. 

kid

Di menu Big Kid, artikel dibagi menjadi 2 sub menu yaitu 6-9 years old dan 10-12 years old. Sub menu 6-9 years old, berisi artikel parenting untuk anak umur 6 sampai 9 tahun. Sub menu 10-12 years old, berisi artikel parenting untuk anak umur 10 sampai 12 tahun. 

big kid

Di menu Life, artikel dibagi menjadi 4 sub menu yaitu Relationship, Health and Lifestyle, Home and Living, dan Fashion and Beauty. Sub menu Relationship, berisi artikel yang membahas hubungan antara suami dan istri. Sub menu Health and Lifestyle, berisi artikel yang membahas seputar kesehatan dan gaya hidup. Sub menu Home and Living, berisi artikel yang membahas seputar rumah dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sekitar rumah. Sub menu Fashion and Beauty, berisi artikel yang membahas seputar pakain dan kecantikan. 

life

Popmama.com juga memiliki fitur Tanya Ahli. Fitur ini menyediakan layanan konsultasi seputar parenting. Jadi ketika pembaca memiliki pertanyaan setelah membaca artikel atau hal-hal lain yang ingin ditanyakan bisa menggunakan fitur ini. Untuk menggunakan fitur ini harus punya akun di Popmama.com.

fitur tanya ahli

Selain artikel yang menarik dan fitur Tanya Ahli, Popmama.com juga memliki Tools yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Ada 4 tools yang tersedia, yaitu Due Date Calculator, Ovulation Calculator, Baby Names Finder, dan Pregnancy Weight Gain Calculator. 

tools popmama.com

Due Date Calculator, tool ini gunanya untuk memprediksi hari kelahiran si bayi. Cara menggunakannnya masukkan tanggal hari pertama siklus menstruasi terakhir dan pilih jenis periode siklus menstruasi yang biasa ibu alami. Setelah itu tekan tulisan Klik sekarang! maka hasil akan ditampilkan. 

due date calculator

Ovulation Calculator, tool ini gunanya untuk mengetahui kapan masa subur ibu sekaligus mengetahui kapan si bayi akan lahir. Cara menggunakannya masukkan data hari pertama siklus menstruasi terakhir dan pilih periode siklus menstruasi, setelah itu tekan tulisan Cari tahu sekarang! Maka hasil akan ditampilkan. 

ovulation calculator

Baby Names Finder, tool ini gunanya untuk mencari nama bayi yang akan diberikan. Selain itu, tool ini juga bisa digunakan untuk mengetahui arti nama bayi tersebut juga orang tua yang ingin tahu arti namanya. Orang tua bisa mencari nama untuk bayinya berdasarkan tema dan asal atau mencari nama berdasarkan abjad.  

baby names finder

Pregnancy Weight Gain Calculator, tool ini gunanya untuk memantau kenaikan berat badan ibu hamil. Cara menggunakannya masukkan data berat badan sebelum hamil, berat badan saat ini, tinggi badan, usia kehamilan berdasarkan minggu lalu tekan tulisan Hitung Sekarang! Maka hasil akan ditampilkan. Untuk ibu yang mengandung bayi kembar jangan lupa centang saya sedang hamil bayi kembar. 

pregnancy weight gain calculator

Sejarah Popmama Parenting Academy

Tidak hanya menyajikan artikel-artikel yang terbaik bagi pembaca setianya, Popmama.com juga berupaya menjalin kedekatan dengan pembacanya serta kedekatan antara sesama pembaca. Upaya itu diwujudkan dengan mengadakan acara Popmama Parenting Academy.   Popmama Parenting Academy adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Popmama.com. 

Di acara tersebut ada pendidikan, hiburan, lomba, dan belanja. Pada tahun 2020 ini Popmama Parenting Academy memasuki tahun ketiga. Kalau sebelumnya Popmama Parenting Acadmy diadakan secara offline, di tahun ini diadakan secara online. Para orang tua bisa mendapatkan beragam ilmu parenting dari rumah.

 

Referensi :

https://www.popmama.com/

https://popac.popmama.com/

https://www.stella-maris.sch.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar