Sabtu, 21 November 2020

SABUN SEBU ANTISEPTIK MELINDUNGI KELUARGA DARI BAHAYA JASAD RENIK

 

sabun sebu antiseptik

Saya ingin mengajak kamu untuk merenung sejenak. Ketika ada orang yang mengajukan pertanyaan kepada kita
“mana lebih berharga kesehatan atau harta?”  Maka tanpa ragu kita akan menjawab ya, kesehatanlah, tanpa tubuh yang sehat harta tidak bisa dinikmati, tanpa harta bisa dicari dengan tubuh yang sehat.

Walaupun pada kenyataannya, pernyataan yang kita ucapkan dengan tegas dan lugas itu dengan mudahnya kita ingkari. Dalam kehidupan sehari-hari, justru kesehatanlah yang kita korbankan untuk mencari harta. Atas nama mengejar deadline, kita korbankan tidur malam yang seharusnya dipergunakan tubuh untuk istirahat. Dengan dalih mencari inspirasi, kita mengakrabkan diri dengan rokok dan kopi, padahal kita menyadari kafein dan nikotin adalah zat yang bisa merusak kesehatan tubuh. Dan masih banyak lagi pengabaian kesehatan yang kita lakukan dengan berbagai alasan untuk menutupi, kita berperan ganda waktu melakukannya, sebagai terdakwa sekaligus sebagai pengacara. Kamu tidak perlu tersinggung ketika membaca ini, karena pada dasarnya ini menyinggung diri sendiri.

Pengetahuan tentang kesehatan sudah kita ketahui sejak kecil, sejak duduk dibangku sekolah dasar. Saya masih ingat secara samar-samar ketika SD dulu, ada hari tertentu guru memeriksa kuku siswa-siswanya. Siswa yang kukunya panjang akan mendapat pukulan rol panjang. Bagi siswa yang kukunya panjang dan kotor akan mendapat pukulan rol panjang plus ceramah pentingnya menjaga kesehatan diri.

Guru tak bosan-bosannya mengingatkan kepada siswa-siswanya untuk selalu menjaga kesehatan diri, karena kuman ada dimana-mana. Agar tubuh terhindar dari penyakit yang dibawa oleh kuman, menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, mandi minimal dua kali sehari, memotong kuku dan mencuci tangan sebelum makan atau sehabis memegang benda-benda yang kotor.

Apa yang disampaikan oleh guru tersebut ternyata masih relevan dengan kehidupan sekarang, dari hal di atas saya menggaris bawahi beberapa hal; pertama, pentingnya pengetahuan kesehatan ditanamkan sejak dini. Kedua, pengetahuan kesehatan itu sifatnya abadi, tidak lekang oleh perkembangan jaman.


Jasad Renik dan Manusia Tidak Bisa Dipisahkan

Kuman yang sering disebut-sebut guru ketika SD, dibelakang hari setelah SMA baru saya ketahui mempunyai keluarga yang disebut dengan jasad renik. Jasad renik atau disebut juga mikro organisme, ada juga yang menyebutnya mikroba adalah sejenis makhluk hidup yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Kecilnya ukuran jasad renik membuat ia tidak bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop, bahkan untuk beberapa jenis jasad renik harus menggunakan mikroskop khusus agar bisa melihatnya.

Kita manusia tidak terlepas dari yang namanya jasad renik, hal itu dikarenakan sifatnya yang bisa membawa dampak positif dan negatif bagi kita. Sejumlah makanan dan minuman yang sering kita nikmati merupakan kontribusi dari jasad renik. Jenis makanan yang merupakan kontribusi dari jasad renik, antara lain : tempe, oncom,  sosis, keju, tape dan sebagainya. Ada juga yang merupakan bahan tambahan untuk makanan seperti kecap dan tauco. Sedangkan jenis minuman yang merupakan kontribusi jasad renik, antara lain : yoghurt, legen, brem dan sebagainya.


Jasad Renik dan Penyakit

Selain dampak positif, jasad renik juga membawa dampak negatif bagi manusia, dampak itu berupa berbagai jenis penyakit. Jasad renik yang sering meyebabkan penyakit bagi manusia yaitu kuman, bakteri,  virus, tungau, jamur, dan sebagainya. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh jasad renik ini, tergantung lokasi penyerangannya.Namun kali ini saya akan membahas penyakit yang menyerang kulit seperti jerawat, flek hitam, ruam popok, gatal-gatal, komedo, panu, kudis, dan kurap.

penyakit kulit

Jerawat : adalah gangguan pada kulit berupa benjolan kecil yang berwarna merah, jika sudah berisi nanah berubah menjadi berwarna agak kuning. Jerawat pada umumnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih, namun dengan adanya infeksi bakteri meyebabkan semakin mudah timbulnya jerawat. Pada umumnya jerawat timbul di daerah wajah, namun kadang kala jerawat bisa juga menyerang leher, dada, bahkan punggung. Jerawat tidak berbahaya, namun jika penyembuhannya tidak sempurna ia akan meningkalkan bekas berupa jaringan parut yang bisa membuat rasa percaya diri seseorang menurun.

Flek Hitam : adalah gangguan pada kulit berupa noda kehitaman berbentuk bulat. Flek hitam pada umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bagian tubuh yang sering munculnya flek hitam adalah wajah. Kehadiran flek hitam pada wajah seseorang mampu menurunkan rasa percaya dirinya.

Ruam Popok : adalah gangguan pada kulit berupa iritasi dan peradangan berwarna kemerahan. Ruam popok biasanya terjadi pada bayi, namun bisa juga ada pada orang dewasa yang menggunakan popok. Bagian tubuh yang sering munculnya ruam popok ini adalah pantat, daerah lipatan paha, juga daerah kelamin. Penyebab ruam popok pada umumnya karena kontak tubuh yang terlalu lama dengan kotoran baik itu urine maupun tinja. Penyebab lainnya bisa saja infeksi bakteri maupun jamur karena lembabnya daerah yang tertutup oleh popok.

Gatal-gatal : adalah gangguan pada kulit bisa saja berupa ruam, bentol, kering, bersisik bahkan pecah-pecah. Pada umumnya gatal-gatal disebabkan oleh infeksi jamur. Gatal-gatal bisa meyerang bagian tubuh tertentu atau mungkin juga seluruh tubuh. Gatal-gatal menyebabkan rasa tidak nyaman serta menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Komedo : adalah gangguan pada kulit berupa benjolan kecil. Timbulnya komedo disebabkan tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati bersama dengan minyak. Selain itu, timbulnya komedo  bisa juga dipicu semakin banyaknya jumlah bakteri pada permukaan kulit. Komedo merupakan cikal bakalnya jerawat, oleh karena itu bagian tubuh yang sering timbulnya komedo sama dengan jerawat.

Panu : adalah gangguan pada kulit berupa bercak yang bisa berwarna terang atau gelap, tergantung warna kulit yang diserang. Bagian tubuh yang sering diserang tangan, leher, dada, perut, dan punggung. Pada umumnya panu disebabkan oleh infeksi jamur. Panu tidak berbahaya, namun bisa menular serta menimbulkan rasa tidak nyaman karena kulit terasa kering dan gatal. Panu jika dibiarkan akan menyebar semakin luas sehingga menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Kudis : adalah gangguan pada kulit berupa ruam bintik-bintik atau bisa juga lepuhan kecil bersisik. Pada umumnya kudis disebabkan oleh tungau jenis Sarcoptes scabiei. Kudis tidak berbahaya namun bisa menular kepada orang lain melalui kontak langsung (berpelukan) dan tidak langsung (berbagi pakaian dengan penderita). Karena kudis bisa menular ada kemungkinan penderitanya dijauhi orang lain, yang akan membuat rasa percaya dirinya menurun.

Kurap : adalah gangguan pada kulit berupa ruam dengan bentuk melingkar serta berwarna merah. Kurap sama halnya dengan panu disebabkan oleh infeksi jamur juga. Bagin tubuh yang sering diserang kurap yaitu wajah, kepala, selangkangan, tangan, serta kaki. Kurap bisa menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Selain jenis penyakit yang telah disebutkan di atas, saat ini ada penyakit ulah si jasad renik  yang membuat gempar dunia, yaitu Corona. Corona disebabkan oleh virus Corona atau sekarang lebih populer disebut dengan Covid -19. Corona membuat gempar karena sudah banyak menelan korban jiwa, merujuk data dari Worldometersper 12 November 2020 korban Corona yang meninggal dunia sudah diangka 1 juta, tepatnya 1.288. 480 orang. Dengan banyaknya orang yang meninggal yang diakibatkan penyakit yang memiliki gejala demam, pilek, batuk, serta sakit kepala ini menjadikan ia momok yang menakutkan.

korban corona


Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Dalam dunia kesehatan dikenal slogan mencegah lebih baik daripada mengobati. Slogan ini berlaku untuk semua penyakit, termasuk penyakit yang sudah dibahas sebelumnya. Mencegah memang akan lebih baik daripada mengobati, dari sudut pandang manapun kita melihatnya.

        Dari segi ekonomi, mencegah suatu penyakit lebih murah biayanya daripada biaya mengobati nya. Contohnya, mencegah penyakit jerawat dengan rajin mencuci muka akan lebih murah biayanya daripada mengobati jerawat yang sudah terlanjur menyerang muka.

        Dari segi psikologis, dengan mencegah, seseorang tidak sempat merasakan kehilangan rasa percaya diri. Contohnya, dengan mencegah jerawat, seseorang tidak perlu merasakan malu atau minder karena memiliki jerawat. Jerawat memang bukan penyakit berbahaya namun bagi seseorang yang mengutamakan penampilan, jerawat bisa menjadi masalah yang sangat serius.

        Dari segi sosial, dengan mencegah, seseorang tidak sempat merasakan dijauhi oleh teman-teman. Contohnya, dengan mencegah penyakit yang bisa menular, misalnya panu, seseorang tidak perlu merasakan dijauhi oleh teman-temanya karena takut tertular dari penyakit panunya.

        Dari segi keselamatan jiwa, dengan mencegah penyakit yang mematikan, seseorang mempunyai harapan hidup yang lebih panjang. Contohnya, dengan mencegah penyakit yang mematikan, seperti Corona, maka seseorang akan mendapat kesempatan untuk menikmati hidup lebih lama lagi.

        Dari segi kenyamanan, dengan mencegah penyakit seseorang tidak sempat merasakan betapa tidak nyamannya menderita penyakit tersebut. Contohnya, dengan mencegah penyakit kurap, sesorang tidak perlu merasakan ketidak nyamanan yang ditimbulkan oleh penyakit kurap, seperti kulit yang terasa kering dan rasa gatal yang luar biasa.

Lalu pertanyaannya, apakah ada cara mencegah penyakit yang ditimbilkan oleh jasad renik melalui pasukannya kuman, bakteri, virus dan sebagainya?

Kabar baiknya ada, yaitu dengan menggunakan sabun mandi, ya sabun mandi, kamu tidak salah baca. Tapi bukan sembarangan sabun mandi, pertama, pastikan dulu sabun mandi tersebut mengandung antiseptik. Kedua, pastikan juga merek sabun mandinya SEBU 

 Ada beberapa alasan kenapa sabun mandi SEBU, yang selanjutnya disebut sabun SEBU antiseptik, layak direkomendasikan buat perlindungan keluarga tercinta dari penyakit yang ditimbulkan jasad renik. Berikut beberapa alasan memilih sabun SEBU antiseptik yang ditinjau dari empat aspek yaitu aspek bahan yang digunakan, aspek konsumen, aspek kualitas, dan aspek layanan. Mari kita bahas satu persatu. 

1     Aspek Bahan yang Digunakan : Dari aspek bahan yang digunakan kelebihan yang dimiliki oleh sabun SEBU antiseptik yaitu mengandung zat aktif povidone ioine serta dibuat dari bahan alami

        Mengandung Zat Aktif Povidone Iodine

Povidone iodine merupakan antiseptik yang sangat efektif untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan jasad renik berbahaya seperti kuman, bakteri, dan virus (termasuk virus corona). Hal itu dikarenakan povidone iodine adalah antiseptik yang memiliki spektrum yang luas terhadap virus corona sekalipun. Selain memiliki spektrum yang luas, povidone iodine juga efektif menghancurkan virus dan membunuh virus dari dalam. Dengan kemampuan yang dimilikinya tersebut maka The Association for Professionalsin infection control and Epidemiology (APIC) dan The US centers for Disease Control (CDC) merekomendasikan sabun antiseptik yang mengandung povidone iodine untuk melindungi keluarga dari penyebaran virus corona. 

kelebihan povidone iodine

        Dibuat dari Bahan Alami

Sabun SEBU antiseptik dibuat dari 5 bahan alami, yaitu madu lebah, ekstrak lemon, minyak zaitun, virgin coconut oil, dan minyak sawit. Kelima bahan alami tersebut memiliki kemampuan yang efektif untuk melindungi dan merawat kulit. 

bahan alami sabun sebu antiseptik

2     Aspek Konsumen : Dari aspek konsumen kelebihan yang dimiliki oleh sabun SEBU antiseptik yaitu aman bagi siapa saja serta testimoni positif dari konsumen

        Aman Bagi Siapa Saja

Sabun SEBU antiseptik memberikan perlindungan dan perawatan kulit yang mampu melembutkan kulit, tanpa kering dikulit, tanpa iritasi. Sabun SEBU antiseptik cocok untuk semua jenis kulit, termasuk jenis kulit sensitif. Selain itu sabun SEBU antiseptik juga aman dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

        Testimoni Positif dari Konsumen

Sabun SEBU antiseptik sudah dicoba oleh banyak orang, dan mereka merasa puas dengan performa sabun SEBU antiseptik dalam melindungi dan merawat kulit mereka. Mereka pun tak ragu memberikan testimoni positif, agar orang lain juga bisa merasakan manfaat sabun SEBU antiseptik bagi kulitnya. 

testimoni konsumen sabun sebu antiseptik

3     Aspek Kualitas : Dari aspek kualitas kelebihan yang dimiliki oleh sabun SEBU antiseptik yaitu memiliki sertifikasi halal, memiliki sertifikasi BPOM, 100% original, 100 guaranteed serta best seller.

aspek kualitas sabun sebu antiseptik

        Memiliki Sertifikasi Halal

Umat muslim sangat selektif dalam memilih produk, termasuk produk sabun mandi. Hal penting yang selalu menjadi prioritas dalam memilih produk adalah kehalalan produk tersebut. Sabun SEBU antiseptik aman dipakai oleh umat muslim karena sudah memliki sertifikasi halal. 

        Memiliki Sertifikasi BPOM

Memilih suatu produk tentunya tidak boleh sembarangan karena bukan saja produk tersebut tidak memiliki kualitas yang baik namun yang paling dikhawatirkan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Atas dasar alasan tersebut dalam memilih produk memastikan produk itu sudah terjamin dengan memiliki sertifikasi BPOM. Sabun SEBU antiseptik sudah mengantongi sertifikasi BPOM, jadi tak perlu ragu lagi dengan keamanan produk ini ketika digunakan. 

        100% Original

Logo 100% original yang disematkan kepada suatu produk bermakna bahwa produk tersebut resmi dari produsen yang membuatnya atau dengan kata lain produk tersebut dibuat oleh pihak pertama. Selain itu logo 100% juga bermakna memliki kualitas yang terjaga dengan baik. Sabun SEBU antiseptik menyematkan logo 100% original yang mengindikasikan bahwa kualitas sabun SEBU antiseptik terjaga dengan baik. 

        100% Guaranteed

Logo 100% guaranteed yang disematkan kepada suatu produk bermakna bahwa produsen produk tersebut menjamin kualitas produknya mampu untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Dengan kata lain produk tersebut kualitasnya sesuai dengan yang dijanjikan. Sabun SEBU antiseptik menyematkan logo 100% guaranteed yang mengindikasikan bahwa kualitas sabun SEBU antiseptik mampu memberikan kepuasan kepada konsumen sesuai dengan yang dijanjikan. 

        Best Seller

Logo best seller yang disematkan kepada suatu produk bermakna bahwa produk tersebut laku dipasaran atau dengan kata lain diminati konsumen. Kenapa suatu produk diminati konsumen? Tidak lain karena kualitas produk tersebut mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Sabun SEBU antiseptik menyematkan logo best seller yang mengindikasikan bahwa sabun SEBU antiseptik mampu memuaskan kebutuhan konsumen sehingga konsumen tersebut mencarinya lagi,  bahkan merekomendasikannya kepada orang lain sehingga banyak orang yang tertarik ingin mengggunakannya juga. 

4     Aspek Layanan Konsumen : Dari aspek layanan konsumen sabun SEBU antiseptik memiliki kelebihan yaitu mudah pemesanannya serta menyediakan layanan konsultasi gratis.

        Mudah Pemesanannya

Untuk memesan sabun SEBU antiseptik sangat mudah, cukup ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

Pertama, masuk kehalaman form pemesanan sabun SEBU antiseptik di sini 

Kedua, isi form pemesanan sesuai data yang diminta.

Ketiga, setelah semua form terisi, jangan lupa mengklik tombol PROSES SEKARANG, agar produk yang dipesan segera diproses pengirimannya 

Selain pemesanan melalui website, sabun SEBU antiseptik juga bisa diperoleh melalui online shop shopee maupun toko pedia. 

sabun sebu antiseptik di shopee dan tokopedia

        Konsultasi Gratis

Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya, sabun SEBU antiseptik memberikan layanan konsultasi secara gratis kepada konsumen yang memiliki permasalahan dengan kulit. Konsultan kecantikan kulit, Ayu Ashari, akan siap mendengar permasalahan kulit  dan mencarikan solusi yang tepat bagi konsumen sabun SEBU antiseptik. Layanan konsultasi gratis ini dapat diakses melalui Facebook (@sabunsebuofficial), Instagram (@sabunsebuofficial) maupun WhatsApp (08112435658) 

Itulah pemaparan tentang kelebihan sabun SEBU antiseptik, untuk mengetahui lebih jauh tentang sabun SEBU bisa mengunjungi websitenya ( www.sabunsebu.com), atau melalui akun media sosialnya Instagram : @sabubeauty, Facebook : @sabunsebuofficial 

kontak sabun sebu


Bisa Karena Biasa

Mencegah penyakit yang disebabkan oleh jasad renik bisa berhasil dengan membiasakan keluarga mandi serta mencuci tangan dengan sabun SEBU antiseptik.  Gunakan sabun SEBU antiseptik ketika meyentuh sesuatu yang kotor, setelah berolahraga, setelah berkunjung ke rumah sakit, setelah bersentuhan dengan pasien, serta hal-hal lain yang diduga bisa menjadi media jasad renik dalam meyebarkan penyakit. 

Mencuci tangan adalah hal kecil namun terbukti efektif mencegah penyakit, buktinya dari sejak kecil dulu kita diajarkan mencuci tangan agar terhindar dari kuman hingga sekarang ini,  mencuci tangan salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona selain memakai masker dan menjaga jarak. 

Terkait mencuci tangan, selama pandemi Covid-19 banyak orang yang mencuci tangan dengan hand sanitizer. Padahal dibandingkan dengan hand sanitizer, sabun SEBU antiseptik lebih efektif, itulah sebabnya sabun SEBU antiseptik penting dimiliki oleh setiap keluarga. Berikut perbandingan antara menggunakan hand sanitizer dengan sabun SEBU antiseptik. 

hand sanitizer vs sabun sebu antiseptik


Kesimpulan

Dari pemaparan di atas dapatlah kita tarik beberapa kesimpulan :

        Pertama, jasad renik tidak terpisahkan dari manusia karena selain dampak negatif, jasad renik juga membawa dampak positif bagi manusia

        Kedua, untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh jasad renik dibutuhkan sabun antiseptik

        Ketiga, sabun SEBU antiseptik dengan kandungan bahannya efektif mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh jasad renik serta mampu merawat kulit

        Keempat, membiasakan mandi serta mencuci tangan dengan sabun SEBU antiseptik

        Kelima, sabun SEBU antiseptik penting dimiliki oleh setiap keluarga agar terhindar dari penyebaran virus corona 

 

Referensi :

www.sabunsebu.com

www.wikipedia.com

www.alodokter.com

www.klikdokter.com

www.kompas.com

 

Baca Juga Artikel ini :

Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Daerah Pedalaman, Mungkinkah?

Imunoterapi: Terobosan Baru Dalam Mengalahkan Kanker

ManisanKolang Kaling : Makanan Dari Hutan Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar